Lomba Lato-lato Tingkat Dunia Pemkot Bengkulu Pecahkan Rekor

Lomba Lato-lato Tingkat Dunia Pemkot Bengkulu Pecahkan Rekor

Lomba lato-lato tingkat dunia dalam rangkaian HUT kota Bengkulu ke 304-(foto: firman triadinata/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Lomba lato-lato yang digelar dalam rangkaian HUT kota Bengkulu ke 304 berjalan meriah, di Kota Merah Putih, Kelurahan Pekan Sabtu, Minggu (12/3/2023) pagi. 

Ajang perlombaan tersebut diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari para pelajar mulai dari SD – SMP yang memadati lokasi perlombaan.

Meski lokasi masih becek usai hujan tadi malam, tak menyurutkan semangat para pelajar. Mereka tetap bersemangat memainkan lato-lato sembari berzikir dan berselawat seperti yang diajarkan Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

Adapun kategori penilaian dari para juri untuk lomba lato-lato yakni ketahanan bermain (waktu ditentukan juri selama 10 menit), gaya bermain serta penilaian lantunan zikir.

BACA JUGA:Sidang Korupsi BBM Dewan Seluma, Begini Modus Korupsinya

BACA JUGA:Jaksa dan Balai Pengelolaan Transportasi Darat Teken MoU, Ini Tujuannya

Walikota Bengkulu, Helmi Hasan nampak begitu senang karena perlombaan lato-lato menarik antusias para pelajar. 

Ia mengatakan, lomba lato-lato sengaja digelar karena banyak anak-anak yang menyukainya, tetapi lomba ini berbeda dengan lomba di daerah lain. 

"Kita jadikan lomba tersebut menjadi ladang ibadah karena saat bermain diiringi zikir. Maka lato-lato ini yang katanya sia-sia dan banyak orang yang juga memarahi serta melarang tetapi Pemerintah Kota Bengkulu justru berpikir bagaimana kemudian kegiatan yang disenangi anak-anak, disenangi sebagian masyarakat kita jadikan menjadi kegiatan yang punya nilai ibadah, dengan bermain lato-lato ditambah dengan dzikrullah, insya allah permainan tadi akan mendapat rida Allah,” jelas Helmi.

Menurut Helmi, selain menyenangkan, lomba lato-lato harus bernilai ibadah agar permainan tersebut tak akan sia-sia.

Lato-lato adalah sebuah mainan berupa dua buah bola plastik berbobot padat keras dan permukaan halus yang diikat seutas tali dengan cincin jari di tengah. 

Permainan ini adalah jenis permainan ketangkasan dengan mengandalkan keterampilan fisik. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: