Dana Banpol Dianggarkan Rp 983 Juta, Paling Besar Nasdem

Dana Banpol Dianggarkan Rp 983 Juta, Paling Besar Nasdem

Kabid Politik Dalam Negeri, Azhari MPd-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) kembali menganggarkan dana  bantuan partai politik  (Banpol) tahun 2023.

Dana Banpol yang disiapkan menembus angka Rp 983.878.000 dan disalurkan ke 8 partai politik (Parpol) yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Benteng.

"Dana Banpol yang disiapkan tahun ini sama seperti tahun lalu," kata Kepala Badan Kesbangpol Benteng, H Meizuar SH MM MH, melalui Kabid Politik Dalam Negeri, Azhari MPd.

Dijelaskan Azhari, pembagian dana Banpol ke setiap Parpol dilakukan sesuai dengan jumlah perolehan suara yang didapat oleh masing-masing Parpol (lihat grafis,red). Sesuai perhitungan, setiap suara yang diperoleh Parpol akan dikalikan dengan Rp 18.000.

BACA JUGA:Kebakaran di Hulu Palik, Pemilik Rumah Tolak Damkar Padamkan Api

BACA JUGA:BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris

Dai 8 Parpol yang yang memiliki kursi di DPRD Benteng, dana Banpol paling banyak diberikan diberikan kepada Partai Nasdem. Dengan perolehan suara sebanyak 8.711, dana Banpol yang diberikan sebesar Rp 156.798.000.

Sedangkan untuk penyaluran dana Banpol, terangnya, sampai saat ini belum bisa direalisasikan lantaran masih menunggu laporan hasil pemeriksaan (LHP) dari BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu. Sesuai dengan ketentuan, penggunaan dana Banpol memang disampaikan ke BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu untuk memastikan apakah penggunaan dana tersebut sudah sesuai aturan atau tidak.

Setelah LHP BPK terbit, barulah masing-masing Parpol bisa menyampaikan syarat pengajuan Banpol ke Badan Kesbangpol Benteng.

"Sesuai dengan ketentuan, penggunaan dana Banpol telah diatur. Pembagiannya, 40 persen untuk kegiatan sekretariat dan 60 persen digunakan untuk kegiatan pendidikan politik," pungkasnya.(135)

 

Grafis : Dana Banpol untuk 8 Parpol

No Parpol Banpol

1  Nasdem Rp 156.798.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: