TNI Lanal Bengkulu Perdana Panen Raya Sorgum di Provinsi Bengkulu

TNI Lanal Bengkulu Perdana Panen Raya Sorgum di Provinsi Bengkulu

Danlanal Bengkulu saat panen raya Sorgum-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana A.S didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab II Daerah Jalasenastri Armada I Ny. Dyah Ayu Pradnyana memimpin panen raya sorgum di lahan program ketahanan pangan Mako Lanal Bengkulu, Jumat (17/02/2023).

Panen raya sorgum ini dilakukan pertama kalinya di Bengkulu untuk memberikan contoh dalam memanfaatkan lahan untuk ketahanan pangan dan dapat meningkatkan perekonomian petani di wilayah Binpotmar Lanal Bengkulu. 

"Sesuai perintah Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali, panen sorgum ini merupakan bagian dari keikutsertaan TNI angkatan Laut khususnya Lanal Bengkulu dalam mendukung Program Pemerintah untuk menjadikan sorgum sebagai tanaman pangan alternatif, " jelas Danlanal. 

Danlanal juga berharap kegiatan ini bisa bermanfaat dan juga sebagai contoh bagi masyarakat sekitar untuk ikut serta memberdayakan lahan tidur serta membudidayakan sorgum, sebagai salah satu upaya dalam ketahanan pangan. 

BACA JUGA:SPT Juru Parkir Zona 6 Panorama terancam Dicabut

BACA JUGA:Vonis Richard Eliezer Diterima Jaksa, Ketut: Kita Tidak Banding

Untuk diketahui, tanaman sorgum ini merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, bahan baku industri dan pakan ternak. 

Sorgum adalah biji-bijian yang sama baiknya seperti gandum, beras dan jagung sebagai bahan pangan yang berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi dan jelai. 

Banyak orang yang memilih sorgum sebagai makanan pokok untuk diet karena tinggi serat dan memiliki kandungan berupa tambahan nutrisi yang tidak terdapat pada sumber karbohidrat biasa.

Secara garis besar, kandungan nutrisi sorgum setara dengan gandum dan biji-bijian lain yang kaya serat.

Uniknya, tidak seperti kebanyakan biji-bijian, sorgum tidak mengandung gluten atau senyawa tak baik yang terkandung dalam biji-bijian lainnya. Nah, hal ini tentu menjadi kabar baik bagi orang-orang yang punya alergi terhadap gluten. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: