Optimalkan Layanan MPP, Disdukcapil Bengkulu Tengah Usulkan Pengadaan Alat

Optimalkan Layanan MPP, Disdukcapil Bengkulu Tengah Usulkan Pengadaan Alat

Sekretaris Dukcapil, Adnan Kasidi SE-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Demi mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat di Mall Pelayanan Publik (MPP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mengusulkan pengadaan alat. Baik itu alat rekam dan cetak KTP-el, Kartu Identitas Anak (KIA) serta perangkat komputer dan printer untuk proses penerbitan KK, akte kematian dan akte kelahiran.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Benteng, Ayatul Mukhtadin SH, melalui Sekretaris, Adnan Kasidi SE menjelaskan, alat atau perangkat yang digunakan pada MPP saat ini merupakan peralatan yang biasa digunakan pada kantor Dinas Dukcapil Benteng.

Sedangkan, peralatan yang digunakan pada kantor Dinas Dukcapil Benteng saat ini terpaksa menggunakan pengadaan lama yang sudah beberapa kali dilakukan perbaikan.

"Kami harap usulan pengadaan 1 set alat rekam KTP-el, KIA dan 4 unit perangkat komputer bisa diakomodir melalui dana APBD-Perubahan tahun 2023.

BACA JUGA:9 Warga Dilaporkan Tak Layak Terima Bansos

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Tengah Tawarkan 4 Lokasi untuk Lahan Pengadilan Negeri

Sejauh ini, terang Adnan, gerai layanan Dinas Dukcapil telah tersedia pada MPP dan siap melayani masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan. Kendati demikian, memang ada beberapa kendala yang dihadapi. Diantaranya, aliran listrik yang belum memadai alias belum sesuai kebutuhan.

Selain itu, jaringan internet yang diperlukan Dinas Dukcapil belum tersedia. Sehingga, terpaksa menggunakan alat penguat signal/jaringan yang menembak ke sarver utama di Dinas Dukcapil Benteng. Dan untuk diketahui, kekuatan alat tersebut sangat terbatas dan dikhawatirkan tak bisa memberikan pelayanan prima.

"Kami tak menggunakan internet umum, namun jaringan khusus yang terprotek antara sarver Dinas Dukcapil ke Dirjen Dukcapil. Harapan kami, Dinas Kominfotik selaku LS bisa menyediakan jaringan tersendiri untuk Dinas Dukcapil," jelas Adnan.

Disampaikan Adnan, keberadaan gerai pada MPP diyakini akan berdampak bagi masyarakat dan mempersingkat rentang kendali. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Kecamatan Pondok Kelapa, Pondok Kubang, Talang Empat,  Semidang Lagan, Bang Haji dan warga dari wilayah Kecamatan Pematang Tiga.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disdukcapil bengkulu tengah usulkan pengadaan alat