Pupuk di Seluma Mahal dan Langka, Distan Sarankan Pakai Pupuk Organik

Pupuk di Seluma Mahal dan Langka, Distan Sarankan Pakai Pupuk Organik

Pupuk non organik dengan menggunakan kimia masih diminati petani.-(foto: jefrianto/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Akhir akhir ini kalangan petani di Kabupaten Seluma mengeluhkan susahnya mendapatkan pupuk subsidi. Guna mengatasi kelangkaan pupuk tersebut, Dinas Pertanian Kabupaten Seluma menganjurkan untuk beralih menggunakan pupuk organik.

"Salah satu cara yang ampuh adalah menggunakan pupuk organik.  Selain mudah didapat, juga murah dan tidak merusak tanaman melainkan menyehatkan tanah,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial MSi, melalui Sekretaris Drs Hendri Kusyanto, kepada BE, Sabtu (4/2/2023). 

Diterangkan, memang saat ini pupuk non organik harganya melonjak tinggi dan membuat petani mengeluh karena tidak seimbang lagi hasil pertanian dengan tingginya harga pupuk.  Memang selama ini masyarakat atau petani memiliki kebiasaan memakai pupuk kimia, jarang sekali petani menggunakan pupuk organik. 

Pupuk kimia, jelas merusak tanaman itu sendiri serta lama kelamaan tanah yang terus menerus diberi pupuk kimia juga akan ikut rusak.  Saat ini, Dinas Pertanian Kabupaten Seluma akan terus bersosialisasi ke masyarakat agar petani bisa beralih ke pemakaian pupuk organik untuk lahan perkebunannya.

BACA JUGA:Ibu Muda Cabuli 17 Bocah, Sering Ngancam Suami dan Mau Bunuh Anak

BACA JUGA:Deni Daffa Siap Rebut Gelar Juara One Pride MMA, Masyarakat Bengkulu Jangan Lewatkan Pertandingannya

"Memang pupuk organik tidak sekaligus berpengaruh pada tanaman melainkan bertahap pengaruhnya di tanaman.  Pupuk organik sendiri kini sudah banyak tersedia di kios pertanian yang ada di Seluma," tambah Hendri. (333)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: harga pupuk di seluma langka dan mahal