Mukomuko Miliki Saka SAR, Skill Terus Diasah untuk Misi Kemanusiaan

Mukomuko Miliki Saka SAR,  Skill Terus Diasah untuk Misi Kemanusiaan

Pembentukan Saka SAR Mukomuko-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COMKabupaten Mukomuko saat ini telah memiliki satuan karya (Saka) pencarian dan pertolongan atau SAR Cabang Mukomuko. Minggu (5/2) pagi, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka 0707 Kabupaten Mukomuko Hj Tengku Nurliyana Habsjah SE MPd resmi melantik dan mengukuhkan pengurusannya. 

Kepala Kantor Basarnas Bengkulu M Arafah  dalam sambutannya menyampaikan, menyambut baik terbentuknya Saka SAR Cabang Mukomuko yang telah dilantik oleh Ketua Kwarcab Mukomuko.  Kemudian kerjasama antara lembaga SAR dan pramuka terus terjalin di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota. 

“Hadirnya Saka SAR Cabang Mukomuko  akan semakin memperkuat sinergi antara Basarnas dan pramuka untuk misi kemanusiaan,” katanya.

BACA JUGA:15 BUMDes di Lebong Segera Diaudit, Ada Pengelolaan Tidak Jelas

BACA JUGA:Berlaku Hari Ini, Pembelian BBM Gunakan QR Code MyPertamina 

Arafah menitipkan, Saka SAR kepada Pos SAR Mukomuko untuk dilakukan pembinaan. Sebab anggota Saka SAR berhak mendapat pelatihan rutin maupun sertifikasi bidang pencarian dan pertolongan. 

“Saka SAR wajib dibekali pengetahuan dan skill pencarian dan pertolongan. Pelatihan atau peningkatan kapasitas itu menjadi tanggungjawab Basarnas dan untuk di Mukomuko pos SAR selaku pembina Saka SAR bertanggungjawab dalam memberikan pelatihan dan harus dilakukan secara rutin,” katanya. 

Ia juga berharap, dengan dukungan Pemkab Mukomuko dan latihan rutin bersama Pos SAR Mukomuko, anggota Saka SAR Cabang Mukomuko memiliki kemampuan melakukan pencarian dan pertolongan yang mumpuni. Baik skill individu setiap anggota maupun kemampuan kelompok.

“Kami berharap tidak sebatas pelantikan ini, tapi kita bina  skill anggota Saka yang mayoritas usia pelajar setingkat SMP dan SMA ini kita tingkatkan. Kita tempah  mereka siap terjun melakukan pencarian maupun pertolongan,”ungkapnya. Sementara itu, Bupati Mukomuko  H Sapuan menyampaikan, lembaga SAR di Mukomuko memang sangat penting memperkuat potensi tim pencarian dan pertolongan. Sebab daerah tersebut merupakan daerah yang cukup rawan terjadi bencana. Bupati juga berharap, anggota Saka SAR Cabang Mukomuko ini nanti dilatih secara baik. Sehingga  ketika terjadi bencana atau kondisi yang memerlukan pencarian dan pertolongan, Saka SAR  siap turun medan.  “Selamat kepada pengurus dan anggota Saka SAR Cabang Mukomuko yang telah dilantik. Saka merupakan tugas mulia, karena berurusan dengan nyawa manusia,”ujarnya.

Kegiatan yang telah berlangsung di Pangkalan Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Mukomuko ini dihadiri  Bupati Mukomuko  H Sapuan, Kepala Kantor SAR Bengkulu  Muhamad Arafah, Perwakilan Forkopimda, Kepala Bandara Mukomuko  Ade Yulyanan dan sejumlah Kepala OPD di jajaran Pemkab Mukomuko dan tamu undangan lainnya.(900

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: