7 Jurusan S1 yang Berpeluang Besar Lolos CPNS 2023, Apa Saja?

7 Jurusan S1 yang Berpeluang Besar Lolos  CPNS 2023, Apa Saja?

tes cpns--

Jurusan ini memiliki prospek kerja untuk menjadi praktisi peneliti skor kinerja pemerintahan maupun swasta, pegawai Kementerian Sosial, dsb.

4. Lulusan S1 Jurusan Pendidikan

Bidang studi Pendidikan juga memiliki peluang besar dalam penerimaan CPNS 2023. Pasalnya kebutuhan tenaga kerja guru untuk mencerdaskan anak bangsa menjadi prioritas Kemendikbud Ristek saat ini.

Lulusan S1 yang dimaksud bisa berasal dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Agama, dsb.

Selain itu lulusan S1 Jurusan Pendidikan juga memiliki kelebihan dalam menentukan cara untuk menjadi PNS melalui 2 jalur pendaftaran, yakni bisa melalui seleksi CPNS atau seleksi PPPK.

5. Jurusan Kesehatan

Formasi yang selalu dibutuhkan dalam seleksi CPNS adalah bidang kesehatan, kebutuhan akan tenaga kesehatan selalu memiliki kapasitas yang cukup banyak, sehingga peluang untuk menjadi PNS menjadi lebih besar.

Adapun lulusan yang dimaksud termasuk kedalam lulusan program pendidikan pengobatan tradisional, kebidanan, keperawatan, epidemiologi, kandungan, dsb.

6. Lulusan S1 Jurusan Teknik

Jurusan Teknik memiliki prospek yang cukup banyak untuk mengisi posisi jabatan di Kementerian PUPR, Pemda, Basarnas, dan BSSN sebagai seorang PNS.

Adapun jurusan yang dimaksud melingkupi lulusan S1 Teknik Perkapalan, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Sipil.

7. Jurusan Hukum

S1 Jurusan Hukum biasanya jarang dibutuhkan, namun CPNS kali ini membutuhkan lulusan sarjana hukum untuk menjadi tenaga ahli oleh pemerintah. Padahal biasanya formasi sektor hukum hanya dibuka saat instansi Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung, dan Kemenkumham mebutuhkan saja.

Namun terlepas dari 7 jurusan tersebut, bagi anda yang tidak termasuk dalam 7 jurusan ini untuk tetap semangat dan berusaha keras agar bisa lolos dalam seleksi CPNS 2023 ini. 

Persiapkan diri anda dengan banyak belajar terkait soal-soal tryout atau kisi-kisi soal CPNS yang ada dari segala sumber. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: