Bengkulu Tanpa Zona Musim, Bisa Hujan Sepanjang Tahun

Bengkulu Tanpa Zona Musim, Bisa Hujan Sepanjang Tahun

RIO//BE Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kota Bengkulu pada 2022 ini.-(foto: rio susanto/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Potensi banjir besar masih mengancam Provinsi Bengkulu pada 2023 mendatang, khususnya di Kota Bengkulu. 

Hal ini berdasarkan perkiraan yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Fatmawati Bengkulu yang menyebutkan di tahun 2023, potensi curah hujan di Bengkulu akan lebih meningkat dibandingkan tahun 2022 ini. 

Hal ini dikarenakan Bengkulu berada dalam kategori wilayah Non Zona Musim (Non ZOM) atau wilayah yang tidak mempunyai batas yang jelas antara periode musim hujan dan musim kemarau.

Kepala BMKG Stasiun Fatmawati Bengkulu, Tri Widiarto SSi mengatakan Provinsi Bengkulu terkhusus di daerah rawan banjir, seperti Kota Bengkulu, Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, potensi hujan dari ringan, sedang hingga lebat bisa saja terjadi dari awal tahun hingga pertengahan tahun.

"Ini yang membuat potensi curah hujan di Provinsi Bengkulu sulit ditebak. Biasanya aktivitas hujan itu terjadi di pertengahan tahun yakni dari Agustus hingga bulan Desember. Namun di Bengkulu bisa kapan saja terjadi," terang Tri, Desember (18/12/2022) lalu.


Kepala BKMG Tri-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Ia menjelaskan, meskipun di Pulau Jawa, Kalimantan maupun provinsi lainnya tidak terjadi hujan atau kemarau, tetapi di Provinsi Bengkulu masih akan terjadi hujan karena memang Bengkulu merupakan wilayah yang masuk dalam kategori Non ZOM.

"Dengan kata lain, di Bengkulu curah hujan akan terus terjadi, baik dari curah hujan sedang, ringan hingga lebat," tuturnya.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat, pemerintah daerah maupun pihak-pihak lainnya untuk lebih mewaspadai potensi curah hujan yang diprediksi akan lebih meningkat di tahun 2023 nanti. Bahkan, potensi hujan tersebut bisa terjadi sejak awal Januari hingga pertengahan tahun.

"Ini yang harus diwaspadai oleh seluruh masyarakat maupun pemerintah daerah. Jangan sampai akibat hal ini menimbulkan korban jiwa," jelasnya.

Melihat kondisi yang akan terjadi di tahun 2023 mendatang, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Bengkulu, terutama di wilayah yang rawan banjir termasuk di Kota Bengkulu untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, mengupdate informasi di Info BMKG Bengkulu melalui media sosial Instagram, masyarakat juga bisa membuka playstore dan mendownload aplikasi Info BMKG.

"Kita minta masyarakat bisa selalu mengupdate informasi terbaru terkait cuaca ini di Info BMKG karena di sana akan secara jelas menerangkan perkiraan cuaca yang akan terjadi kedepannya," jelasnya.

Selain itu, bagi para nelayan juga untuk lebih meningkatkan kewaspadaan saat pergi melaut. Sebelum berangkat lebih baik pastikan dahulu kondisi cuaca agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

"Ini penting kita sampaikan, karena potensi cuaca buruk terutama hujan yang bisa mempengaruhi kondisi angin kencang juga akan tetap menghantui Bengkulu termasuk di kota. Jadi, kita meminta agar kewaspadaan terus diitngkatkan," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: