Ini 34 Daerah Ujicoba MyPertamina Beli BBM Subsidi, Jika Belum Terdaftar Jatah Cuma 20 Liter

 Ini 34 Daerah Ujicoba MyPertamina Beli BBM Subsidi, Jika Belum Terdaftar Jatah Cuma  20 Liter

Antrian mobil SPBU Tebeng, menunggu masuknya Solar.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - PT Pertamina (Persero) memperluas uji coba aplikasi MyPertamina untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis BBM bersubsidi. Kendaraan diminta mendaftar melalui website subsidi tepat sasaran saat hendak mengisi BBM bersubsidi.

Awalnya coba hanya dilakukan di 11 kota/kabupaten.

Saat ini, Pertamina sudah melaksanakan uji coba pendaftaran MyPertamina di 34 kota/kabupaten.

"(Daerah uji coba) terus ditingkatkan bertahap, Semula 11 sekarang sudah 34 (kota/kabupaten)," ungkap Anggota Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman.

BACA JUGA:Resmi Turun! Berikut Harga BBM Pertamax Hingga Pertalite Seluruh Indonesia

BACA JUGA:1 Februari Campuran Sawit BBM Solar Naik, Biodiesel Januari Jadi Rp 11.520/Liter

Ada konsekuensi dalam proses ujicoba yang dilakukan ini. Salah satunya, bagi konsumen yang sudah terdaftar di MyPertamina diberikan batas maksimal pengisian Solar subsidi sebesar 60 liter per hari untuk mobil pribadi, 80 liter per hari untuk angkutan umum orang atau barang roda empat, dan 200 liter per hari untuk angkutan umum roda enam.

"Karena kuota terbatas itu kami menerbitkan regulasi yang mengatur berapa konsumen itu bisa gunakan Solar setiap hari. Kendaraan pribadi itu misalnya bisa konsumsi 60 liter per hari. Kalau penumpang atau barang 80 per liter, kalau roda enam ke atas 200 liter per hari," jelasnya.

Bagi konsumen yang belum teregistrasi, maka pembelian Solar subsidi akan dibatasi maksimal 20 liter per hari.

Dia menyebutkan, kendaraan yang hendak membeli BBM bersubsidi akan didata pemiliknya dengan QR code. Mars mengatakan, dengan begitu pihaknya bisa mendeteksi siapa pembelinya, di mana lokasi pembelian BBM tersebut, dan berapa jumlah volume yang dibeli.

"Kan saat ini data kendaraan dulu dengan pemiliknya, kita registrasi dengan QR code sehingga kita bisa deteksi dimana dia beli, berapa volumenya, selain itu sebetulnya kita juga analisa data base transaksinya, apakah ada transaksi tidak wajar," tuturnya.

BACA JUGA:Mobil di Atas 1.400 cc Dilarang Isi Pertalite? Ini Daftar Mobilnya

Berikut Daftar 34 Kota/Kabupaten Ujicoba MyPertamina:

1.Kabupaten Aceh Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: