Tahun Ini Pemkab Mukomuko Bantu Pengolahan Hasil Laut

Tahun Ini Pemkab Mukomuko Bantu Pengolahan Hasil Laut

Kelompok pengolah dan pemasar ikan dibantu peralatan untuk pembuatan kerupuk ikan. -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Mukomuko akan membantu kelompok pengolah dan pemasar ikan  hasil laut di Mukomuko.

Bantuan yang akan didistribusikan berupa peralatan pembuatan kerupuk ikan. 

"Ini salah satu potensi produk unggulan dari hasil perikanan di daerah ini,” ungkap Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Junaidi SP.

Sebelumnya anggota kelompok pengolah dan pemasar ikan telah diberikan pelatihan tentang cara pembuatan produk kerupuk ikan di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. 

BACA JUGA:54.600 Hektare Hutan Mukomuko Dirambah, Ini Pelakunya

BACA JUGA:Sekda Tutup Usia, Mukomuko Berduka

"Tahun lalu pelatihan kelompok pengolah dan pemasar ikan telah dilakukan di Palembang, tahun ini kita alokasikan anggaran untuk membeli peralatannya,” katanya.

Menurutnya, alokasi anggaran di APBD disiapkan untuk membeli alat pembuatan kerupuk ikan yang dibutuhkan oleh kelompok pengolah dan pemasar ikan.

Untuk saat ini bantuan peralatan itu untuk satu kelompok di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko. Selama ini, Kabupaten Mukomuko telah memiliki produk unggulan sambal lokan, kuliner warisan turun-temurun masyarakat di daerah ini.

Junaidi berharap, daerah ini selain memiliki produk unggulan sambal lokan, serta berbagai jenis kerupuk yang berasal dari bahan baku ikan laut dan air tawar.

Ia juga berharap, dengan adanya program bantuan alat pembuatan kerupuk ikan dapat mendorong kelompok pengolah dan pemasar ikan di Kecamatan Kota Mukomuko untuk menciptakan produk unggulan baru di daerah ini. 

“Adanya program  ini untuk pembuatan kerupuk ikan, daerah ini selain memiliki sambal lokan dan kerupuk ikan,” tutup Junaidi.(900)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: