Bengkulu Tengah Central Penghasil Cobek Batu Asli

Bengkulu Tengah Central Penghasil Cobek Batu Asli

Meysa-MG/BE Pengunjung sedang memilih cobek batu asli yang ingin dibelinya.--

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Cobek (batu giling) batu asli diproduksi di Kabupaten  Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, tepatnya ada di desa Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, sudah cukup terkenal. Lokasi central batu cobek yang sangat strategis terletak persis di pinggir jalan lintas Sumatera, membuat banyak warga yang melintas membeli batu cobek di Central Batu Cobek. Terlebih batu cobek ini langsung dibuat dari batu asli, yang diambil dari sungai. 

“Banyak pembeli batu cobek ini orang-orang dari luar kota yang melintas di jalan ini “ Ucap Herlina (35), pedagang batu cobek saat diwawancarai Bengkuluekspress.com, Rabu (11/01).

BACA JUGA:Beredar Kabar Siswa di Bengkulu Tengah Pecah Bola Mata Akibat Lato-lato, Begini Faktanya

BACA JUGA:Korupsi Dana Desa Rp 494 Juta di Bengkulu Tengah, Berpeluang Seret Tersangka Baru

Batu giling tersebut dibuat dalam berbagai bentuk. Ada yang bertangkai, ada yang biasa dan ada juga yang menyerupai lesung. Batu cobek berbagai bentuk dan ukuran tersebut tersusun rapi di kios para pengrajin. Batu cobek yang paling banyak dipajang cobek berbentuk bundar cekung ke dalam. 

''Sebagian besar pembeli adalah kaum ibu yang ingin mencari batu giling untuk memasak,'' imbuhnya.

Harga jual batu giling dihargai mulai Rp 35 ribu per unit untuk ukuran paling kecil. Sementara ukuran paling besar dibanderol mencapai harga Rp 500 ribu. Jika sedang musim liburan sekolah atau lebaran omzet penjualan dari batu cobek ini bisa mencapai Rp 700 ribu–Rp 1 juta per hari. 

“Untuk harga kita berbeda-beda sesuai dengan ukuran dan bentuk, ” tutup Herlina. (Mg06)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: