Berkendara Motor Pakai Earphone Bisa Kena Tilang, Dendanya Rp 750 Ribu

Berkendara Motor Pakai Earphone Bisa Kena Tilang, Dendanya Rp 750 Ribu

Tips mengendarai motor matik di tanjakan dan turunan-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ternyata kebiasaan mendengarkan musik atau lagu saat mengendarai motor dianggap melanggar hukum.

Pengendara yang mendengarkan lagu menggunakan earphone bisa ditilang dengan hukuman denda hingga Rp 750.000. 

Pasalnya, mengendarai sepeda motor di jalan raya harus fokus dan berkonsentrasi terhadap arus lalu lintas sekitar. Jangan sampai ada gangguan lain yang dapat membahayakan pengendara. Salah satu yang dapat mengganggu konsentrasi dalam berkendara adalah mendengarkan lagu menggunakan earphone. 

Banyak orang berdalih mendengarkan musik saat mengendarai motor untuk menghilangkan rasa bosan dan agar tidak mengantuk serta menambah konsentrasi. 

BACA JUGA:2023 Perpanjang SIM Ada Aturan Baru, Simak Ini

BACA JUGA:Urus Pajak STNK Bisa Diwakilkan, Syaratnya ini

Menurut Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, berkendara sambil mendengarkan lagu melalui earphone sangat berisiko, karena dapat mengurangi konsentrasi dalam berkendara. 

"Jadi kalau dilihat menurut aturan lalu lintas, pengendra yang menggunakan alat komunikasi atau lainnya yang mengganggu konsentrasi itu dilarang, artinya tidak diperbolehkan," kata Agus kepada Kompas.com seperti dilansir laman newssetup.kontan.co.id, Minggu (9/5/2021). 

Agus juga menambahkan, dari sisi safety riding dianjurkan untuk tidak menggunakan earphone pada saat berkendara. Karena, dengan mendengarkan lagu dengan volume kencang akan membuat pengendara tidak dapat mendengarkan lingkungan berkendara. 

"Nah ini yang bahaya, kalau lingkungan berkendara tidak terdengar, pada saat mau berbelok atau pindah lajur kemudian di klakson dari belakang dan tidak mendengar, tentu akan menjadi bahaya," ucap Agus.

BACA JUGA:Kehilangan SIM, Begini Cara Urus Serta Biayanya Terbaru 2023

BACA JUGA:Apakah SIM Mati Bisa Diperpanjang? Begini Aturan dan Biayanya 

Mendengarkan lagu bukan solusi yang baik untuk mencegah kantuk dan bosan pada saat berkendara. Agus mengatakan, ada cara tersendiri untuk menghindari kantuk, jangan membuat cara-cara lain yang justru malah membahayakan diri sendiri. 

Mendengarkan lagu pakai earphone juga bisa melanggar aturan, karena mengganggu konsentrasi dalam berkendara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: