Ratusan CJH Disidang

Ratusan CJH Disidang

\"ratusan-ribu-jamaah-haji-sholatCURUP, BE - Ratusan calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Rejang Lebong (RL) terpaksa menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Curup. Hal itu harus dijalani CJH sebagai persyaratan untuk penerbitan Akta Kelahiran, yang menjadi salah satu syarat wajib administrasi kelengkapan keberangkatan haji.

\"Sidang akan dilakukan secara kolektif, rencananya tidak di Pengadilan Negeri, tapi sidang di tempat yang lokasinya bisa dijangkau calon jemaah,\" ungkap Kapala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten RL M Naseh kepada Bengkulu Ekspress, Jum\'at (8/3).

Dijelaskan Naseh, pihaknya telah melakukan rapat dengan Pengadilan Negeri Curup dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil), terkait kendala kelengkapan administrasi haji diantaranya Akta Kelahiran dan Kartu Keluraga.

Untuk sidang bagi CJH yang belum memiliki Akta Kelahiran, sambung Naseh, akan berlangsung sidang di tempat, yakni di kantor Kecamatan Binduriang, yang akan diikuti para CJH asal Lembak tanggal 14 Maret 2013 mendatang. Sedangkan para CJH yang berasal dari Kecamatan Curup akan menjalani sidang di kantor Kecamatan Selupu Rejang, tanggal 15 Maret 2013. \"Sidang akan dilakukan secara maraton, semua CJH yang belum memiliki Akta Kelahiran bisa mengikuti sidang tersebut, dan tidak melewatkannya,\" ungkap Naseh.

Sementara itu, untuk kelengkapan Kartu Keluarga, Naseh menerangkan, kalau pihak Dinas Dukcapil berkomitmen akan membantu sepenuhnya para jemaah, sehingga hambatan kelengkapan administrasi sebagai salah satu syarat keberangkatan jemaah bisa selesai, sebelum dilakukan verifikasi administrasi April 2013 mendatang.

\"InsyaAllah hambatan kelengkapan administrasi yang selama ini kurang, bisa teratasi sehingga para CJH tidak ada halangan dalam menunaikan ibadah haji,\" harap Naseh.

Sebelumnya, dari 230 CJH yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah tahun ini, hanya 56 CJH saja yang memenuhi persyaratan wajib administrasi berupa Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga. Sisanya sebanyak 174 masih terkendala persyaratan yang wajib sudah dipenuhi April 2013 mendatang. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: