30 Bonggol Rafflesia Siap Mekar, Ini Lokasinya

30 Bonggol Rafflesia Siap Mekar, Ini Lokasinya

Inilah salah satu bongkol bunga Rafflesia yang siap mekar, ada juga yang sudah mekar.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

KEDURANG, BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi pecinta tumbuhan langka berupa Bunga Rafflesia, pada momen liburan tahun baru 2023 dapat dimanfaatkan untuk menikmati Bunga Raflesia yang sedang mekar.  Pasalnya saat ini ada puluhan bongkol Bunga Raflesia yang akan segera mekar.

"Saat tahun baru nanti, ada bunga Rafflesia  yang akan mekar sempurna, saat ini ada 30 bonggol siap mekar," kata Ketua Tim Penjelajah Goa Gunung Hutan Desa (Penggunde) BS, Exsi Febri, Senin (26/12/2022).

Dikatakan Febri, lokasi puluhan bongkol bunga Rafflesia tersebut berada di Taman Rafflesia di Desa Batu Ampar, Kedurang. 

Adapun untuk menuju lokasi dari pinggir jalan raya berjalan kaki selama satu jam. Sedangkan dari Kota Manna berjalan dengan menggunakan kendaraan ke simpang sebelum berjalan kaki selama satu jam.

BACA JUGA:Wow! Ada 14.996 Orang Mendaki Bukit Kaba

BACA JUGA:8 Destinasi Wisata yang Tidak Boleh Dilewatkan di Curup Rejang Lebong

"Tidak jauh dan kami siap menjadi penunjuk arah ke lokasi," ujarnya.

Exsi mengaku, bunga Rafflesia di taman bunga tersebut setiap bulan selalu ada yang mekar.  Bahkan keberadaan bunga Rafflesia di taman tersebut sudah ada sejak beberapa tahun lalu.  Saat ini bongkolnya tersebar di lokasi taman. Sehingga warga yang ingin melihat bunga Rafflesia, maka taman bunga Rafflesia lah tempatnya yang tepat untuk dikunjungi saat tahun baru nanti.

"Saat tahun baru nanti, silakan datang, ada yang sedang mekar," terang Exsi.

Kepala Dinas Pariwisata BS, Rendra Febrianto SS MSi menambahkan, jika di lokasi taman Rafflesia tersebut saat ini tidak kurang dari 50.  Dari jumlah tersebut, ada 30 bongkol Bunga Rafflesia siap mekar menemani libur tahun baru kali ini.  Selain itu, tidak jauh dari taman bunga, ada gua Suruman. Sehingga warga bisa menikmatinya pemandangan di sana. Lalu sebelum pulang, bisa menikmati sejuknya air Kedurang. Warga bisa mandi bersama di aliran sungai yang sangat jernih tersebut.

BACA JUGA:Ini 7 Wisata Menakjubkan yang Wajib Dikunjungi di Kepahiang

BACA JUGA:Sultan Pamerkan Potensi Wisata Danau Gedang Pada Dubes Seychelles

"Kalau ke taman bunga Rafflesia, bisa juga ke gua Suruman dan sekaligus bisa menikmati segarnya Sungai Kedurang," tambah Rendra. (369)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: