Wow! Ada 14.996 Orang Mendaki Bukit Kaba

Wow! Ada 14.996 Orang Mendaki Bukit Kaba

Pendaki Bukit Kaba saat mendaftar di pos Pokdarwis-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

CURUP, BENGKULUEKSPRESS.COM - Pasca tidak adanya pembatasan untuk kegiatan pendakian ke gunung api Kaba atau bukit Kaba di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, ribuan pendaki melakukan pendakian di tahun 2022 ini.

Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu mencatat setidaknya ada 14.996 orang yang melakukan pendakian ke Bukit Kaba pada tahun 2022 ini.

"Dari tanggal 1 Januari hingga 25 Desember kemarin, total pendaki yang melakukan pendakian ke Bukit Kaba sebanyak 14.996 orang," sampai Kanit Polhut, SKW I BKSDA Bengkulu, Reza Alfitriansyah dikonfirmasi Senin (26/12/2022).

Jumlah pendaki tersebut, menurutnya yang melakukan pendakian melalui pos masuk di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang. Dimana menurutnya pendaki yang melakukan pendakian ke gunung api aktif yang memiliki ketinggian 1.952 Mdpl tersebut baik pendaki domestik maupun mancanegara.

BACA JUGA:Mata Air Camp, Tempat Camping Baru di Rejang Lebong

BACA JUGA:8 Destinasi Wisata yang Tidak Boleh Dilewatkan di Curup Rejang Lebong

"Namun sebagian besar adalah pendaki domestik baik dari Provinsi Bengkulu maupun dari beberapa daerah sekitar Bengkulu" tambahnya.

Dengan jumlah pendaki yang mencapai 14.996 orang tersebut, maka menurutnya jumlah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berhasil dihimpun oleh BKSDA Bengkulu sebesar Rp 89 juta.

Menurutnya jumlah PNBP tersebut diprediksi akan bertambah karena masih adanya aktivitas pendakian khususnya pada malam pergantian tahun nanti yang biasanya pendaki akan membludak.

"Kemungkinan besar jumlah pendaki pada malam tahun baru ini nanti akan rame dari hari-har biasanya," paparnya.

BACA JUGA:7 Tempat Wisata di Rejang Lebong yang Instagramable

BACA JUGA:Pemprov Serahkan Kawasan Wisata Pantai Panjang ke Pokdarwis, Ini Tugasnya

Terlebih lagi, menurut Reza hingga kemarin pihaknya belum menerima informasi atau edaran terkait dengan penutupan atau pembatasan kegiatan pendakian ke Bukit Kaba. Sehingga menurutnya kemungkinan besar saat tahu baru pendakian ke Bukit Kaba yang berada di kawasan TWA Bukit Kaba tersebut akan tetap dibuka untuk umum.

"Kepada para pendaki kami selalu mengimbau agar selalu berhati-hati dan tidak membawa barang-barang yang dilarang seperti senjata tajam dan Narkoba," pesan Reza.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: