Ratusan Pencari Kerja Padati Job Fair

Ratusan Pencari Kerja Padati Job Fair

Pencari kerja mencari lowongan kerja di Job Fair di Bencoolen Mall.-(foto: nur meissuary/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM -  Lebih kurang 700 orang menghadiri stand Job Fair yang digelar Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) di Bencoolen Mall l, Kamis (15/12/2022).

Terkait hal ini, Gubernur Bengkulu DR Rohidin Mersyah MMA meminta agar dinas terkait dapat secara rutin menggelar hingga ke daerah-daerah.

Rohidin meminta agar hal seperti ini bisa dilakukan secara rutin beberapa kali dalam setahun, hingga ke kabupaten-kabupaten dan tidak hanya berfokus di Kota Bengkulu.

Menurutnya Job Fair yang dilakukan seperti ini merupakan salah satu upaya untuk menyerap tenaga kerja secara langsung dengan memfasilitasi antara perusahaan dengan pencari kerja secara langsung.

BACA JUGA:Pengusulan Dana Hibah Pemprov Bisa Lewat Aplikasi

"Saya kira kegiatan seperti ini bisa cukup instens dilakukan sampai ketingkat kabupaten/kota, supaya para pencari kerja ini mendapatkan informasi langsung," ujar Rohidin.

Dia berharap kepada para pencari kerja yang hadir hari ini dapat secara baik mempersiapkan diri agar kedatangannya tidak sia-sia. Sehingga nantinya dapat diterima oleh perusahaan yang ada Job Fair ini.

"Persiapkan betul kompetensi dan keterampilan, kemudian sikap dan perilaku sebagai pekerja yang baik dan terakhir memang harus ditumbuhkan betul rasa memiliki ketika bekerja," ujar Rohidin.

Sementara itu, Kepala Dinas Nakertrans Provinsi Bengkulu, Edwar Heppy mengatakan, sejak dimulai pagi tadi hingga siang ini, pihaknya memperkiraan lebih dari 700 pencari kerja sudah menghadiri lokasi Job Fair ini.

Terdapat 40 perusahaan yang mengikuti dengan 687 lowongan pekerjaan yang tersedia untuk hari ini. Dia berharap dapat dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga sore nanti saat ditutup sudah tidak ada lagi lowongan kerja yang tersisa.

"Harapan kita nanti tidak ada lagi yang tersisa, kan sayang jika masih bersisa," harap Edwar.

Selain penyerapan tenaga kerja, kegiatan Job Fair ini juga dilakukan Disnakertrans untuk mendata para pencari kerja di di Bengkulu.

Dia juga menyampaikan, untuk para pencari kerja yang belum sempat hadir ke kegiatan Job Fair ini dapat mengirimkan lamarannya secara daring melalui kontak masing-masing perusahaan yang tersedia.

"Kalau ada yang tidak sempat datang secara langsung bisa memasukkan secara online melalui kontak masing-masing perusahaan," ucap Edwar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: