Selain Besurek, Ini Batik Khas Bengkulu

Selain Besurek, Ini Batik Khas Bengkulu

Batik Gurita-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKPRESS.COM - Bengkulu merupakan salah satu provinsi dari 38 provinsi yang ada di Indonesia yang memiliki kesenian batik. Salah satu batik terkenal di Bengkulu adalah batik Besurek, namun ternyata ada 1 batik lagi yang memang dikenal, yaitu batik Gurita.

Berikut kesenian batik Bengkulu :

1. Batik Besurek 


Batik Besurek-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Batik ini merupakan kain batik yang dihiasi huruf arab gundul yang sudah diakui oleh Republik Indonesia (RI) sebagai salah satu warisan budaya RI. Ciri khas kain batik ini, selain memiliki motif hurup arab gundul juga dipadukan dengan bunga Rafflesia yang sangat mengambarkan Kota Bengkulu.

Batik besurek ini dibuat menjadi berbagai macam jenis yang bisa kalian dapatkan, salah satunya di toko Ovelia Gallery yang beralamtkan di Jl. Sutoyo No 8, Tanah Patah, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu. Di toko ini kain batik Besurek dibandrol mulai dari Rp 150 ribu sampai dengan jutaan rupiah. 

2. Batik Gurita


Batik Gurita-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Tidak hanya batik besurek yang menjadi khas Kota Bengkulu, namun ada batik Gurita. Batik ini bukan terbuat dari kulit Gurita, tetapi motif batiknya berbentuk Gurita.  

Batik Gurita ini merupakan kerajinan dari Kabupaten Kaur, selain bermotif Gurita juga bunga Rafflesia dengan berbahan katun yang lembut.

Batik ini menjadi pakaian wajib bagi ASN mupun siswa sekolah di Kabupaten Kaur. Jika kalian ingin membeli batik ini, bisa didapatkan di toko Batik Stiawati  yang berlamat di Jalan Danau nomor 23 Jembatan Kecil. Singaran Pati, Kota Bengkulu, yang dibandrol mulai dari Rp 118 ribu sampai dengan jutaan.(**) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: