Pemprov Bengkulu Kumpulkan Donasi Bantuan untuk Gempa Cianjur Rp. 110 Juta

Pemprov Bengkulu Kumpulkan Donasi Bantuan untuk Gempa Cianjur Rp. 110 Juta

Gubernur Bengkulu, DR drh Rohidin Mersyah MMA saat diwawancarai wartawan.-(foto: nur miessuary/bengkuluekspress.disway.id-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM -  Donasi yang berhasil dikumpulkan Pemerintah Provinsi BENGKULU, untuk bantuan korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, telah terkumpul sebesar Rp. 110 juta.

Gubernur Bengkulu, DR drh Rohidin Mersyah MMA mengungkapkan, dana itu terkumpul sejak donasi untuk korban itu dibuka 22 November hingga tanggal 5 Desember. 

Donasi yang terkumpul tersebut, didapat tidak hanya dari unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tetapi juga didapat dari masyarakat umum.

"Donasi tersebut berasal dari masyarakat dan OPD Provinsi Bengkulu. Saat ini masih menunggu dari instansi vertikal dan kabupaten/kota serta BUMN dan BUMD di Bengkulu," ungkap Rohidin, Senin (5/12/2022).

BACA JUGA:Alokasi TKDD untuk Provinsi Bengkulu Tahun 2023 Capai Rp. 10 Triliun

Selain itu, berdasarkan arahan dari Kementerian Dalam Negeri, pemerintah daerah dapat mengalokasikan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) sesuai dengan kemampuan daerah masing-masing untuk membantu korban Cianjur melalui rekening pemerintah Provinsi Bengkulu.

Melalui anggaran tersebut nantinya, Pemerintah Provinsi Bengkulu akan membangun bangunan dasar seperti sekolah, puskesmas dan tempat beribadah di Kabupaten Cianjur.

Kata dia, bangunan tersebut nantinya diatasnamakan masyarakat Provinsi Bengkulu dan dalam waktu dekat donasi tersebut akan ditutup.

"Dari dana tersebut, kita akan datang langsung ke Cianjur untuk memilih lokasi untuk membangun infrastruktur dasar yang rusak seperti sekolah, puskesmas, masjid ataupun tempat beribadah lainnya di Cianjur," terangnya.

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengeluarkan Surat Edaran (SE) kepada seluruh kepala daerah untuk menyalurkan bantuan untuk korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

Untuk masyarakat umum yang ingin mendonasikan sebagian hartanya melalui Bank Mandiri dengan nomor rekening 179.0079772021 atas namaBengkulu Peduli Bencana.

Sedangkan untuk donasi barang, masyarakat Bengkulu dapat mengantarkannya ke posko yang berada di Kantor Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Kompleks Kantor Gubernur, Padang Harapan Kota Bengkulu.(Suary).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: