Pemprov Bengkulu Buka Donasi Korban Gempa Cianjur

Pemprov Bengkulu Buka Donasi Korban Gempa Cianjur

Sekda Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri, saat diwawancarai wartawan-(foto: nur miessuary/bengkuluekspress.disway.id-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu hari ini (22/11/2022) akan membuka donasi untuk korban bencana gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri mengungkapkan, langkah ini dilakukan setelah mendapatkan instruksi langsung dari Gubernur Bengkulu tadi malam kepada dirinya.

Gempa yang mengguncang Kabupaten Cianjur Senin (21/11/2022) membawa dampak kerusakan materil secara serius.

Selain materil, berdasarkan data dari website BNPD hingga Selasa (22/11/2022) pukul 09.55 WIB, terdapat 103 orang meninggal dunia, masih ada 31 orang hilang danebanyak 377 orang luka-luka.

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Proyek Jalan di Mukomuko Naik Dik, Kejati Sudah Periksa Saksi dan Kumpulkan Bukti

Hal inilah yang mendorong Pemprov Bengkulu, untuk melakukan penggalangan donasi yang langsung difasilitasi pihaknya.

Untuk segera mengeluarkan surat himbauan resmi Pemprov kepada seluruh instansi baik vertikal maupun horizonla yang ada di Provinsi Bengkulu.

"Insya allah hari ini suratnya akan saya tandatangi, habis zuhur ini akan saya tandatangai surat himbauan kepada kepala badan, kepala kantor, instansi vertikal, bumn dan bumd, termasuk juga dari kawan-kawan media juga. Agar kita mengalang donasi yang akan kita smapaikan kepada teman-reman kita yang srdang terkena musibah," ungkap Hamka.

Selain kepada seluruh instansi Pemerintahan, BUMN dan BUMD, donasi ini juga dibuka untuk masyarakat umum yang ingin mendonasikan sebagian hartanya.

Untuk mempercepat niat baik berbagai pihak tanpa terhalang jarak dan waktu, Pemprov membuka donasi berupa uang melalui Bank mandiri no. 179.0079772021 An. Bengkulu Peduli Bencana.

"Kita akan menyiapkan rekening dan kita pusatkan di biro pemkesra. Jadi bagi teman-teman yang ingin meyalurkan donasinya silahkan ke rekening yang ada di biro pemkesra," ujarnya.

Sedangkan untuk donasi barang, Hamka mengatakan, bisa langsung diantarkan langsung ke Posko yang dibuka di Kantor Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Kompleks Kantor Gubernur, Padang Harapan Kota Bengkulu.

"Kita tidak hanya menrima donasi berupa uang, kita juga menerima barang dan manti akan kami fasilitasi dan akan kami sampaikan kesana," sambungnya.

Selain itu, Hamka menyampaikan, jika donasi sudah ditutup nantinya akan langsung diantarkan ke Kabupaten Cianjur tanpa melalui pihak ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: