Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMPN 13, Wujudkan Pelajar Bebas Narkoba

Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMPN 13, Wujudkan Pelajar Bebas Narkoba

Sosialisasi bahaya narkoba di SMP N 13 kota Bengkulu-(foto: firman triadinata/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - SMPN 13 Kota Bengkulu menjadi titik ke 16 sekolah yang dijajaki Diknas kota dan BNN kota dalam melakukan sosialisasi bahaya narkoba, Selasa (08/11). Tujuan kegiatan sosialisasi Bahaya Narkoba di SMP Negeri 13 kota agar peserta dapat memahami dampak yang ditimbulkan dari penggunaan narkoba, baik dampak secara fisik, psikis maupun sosial ekonomi. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Drs Sehmi MPd mengatakan, kegiatan sosialisasi menggunakan metode partisipatif, ceramah dan diskusi. Kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan 50 orang siswa yang dipilih menjadi duta narkoba sekolah yang juga mempunyai misi mensosialisasikan bahaya narkoba ke lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya.

"Nanti 50 orang ini kita beri tanggung jawab menyampaikan pesan bahaya narkoba ini dan mengawasi anak-anak lainnya agar terhindar dari pengaruh narkoba. Kita bayangkan kalau 1 dari 50 orang ini punya 10 kelompok atau temannya yang lain dalam sekolah, dikalikan 50 kan lumayan juga dalam mengawasi bahaya narkoba," jelasnya.

Untuk itu, melalui kegiatan sosialisasi bahaya penggunaan narkoba ini mampu meningkatkan pemahaman peserta didik SMP Negeri 1 Senduro mengenai jenis-jenis narkotika, dampak dari penyalahgunaan narkoba dari aspek fisik, psikis, pendidikan, sosial dan ekonomi serta cara pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba dikalangan anak dan remaja.

Ketua DPRD Kota, Supriantobyang juga ikut dalam sosialisasi ini menjelaskan, kegiatan ini dapat membentengi generasi muda sebagai sebagai generasi penerus bangsa khususnya peserta didik di SMP Negeri 13 kota Bengkulu dari Bahaya Penyalahgunaan Narkoba. Ia berharap, generasi muda kedepan lebih sadar akan bahaya narkoba bagi kehidupan.

"Mereka ini bibit-bibit penerus bangsa yang harus kita beri muatan luas soal bahaya narkoba. Memang dampaknya sangat tidak baik, apalagi saat ini sudah mulai pakai obat batuk, lem, dan sebagainya yang terus menerus mempengaruhi anak muda. Kita imbai generasi muda untuk jauhi narkoba demi kehidupan bangsa," jelasnya. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: