Dishub Kota Bengkulu Targetkan Tambah 2 ribu Unit Lampu Jalan untuk Jalan Lingkungan

Dishub Kota Bengkulu Targetkan Tambah 2 ribu Unit Lampu Jalan untuk Jalan Lingkungan

Petugas Dishub saat melakukan pemasangan lampu jalan.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu masih akan melakukan penambahan sebayak 2 ribu unit lampu penerangan jalan umum (LPJU) di jalan lingkungan atau pemukiman warga untuk tahun depan. 

Kepala Dishub Kota Bengkulu, Hendri Kurniawan mengatakan, usulan tersebut akan dimasukan ke dalam pembahasan APBD tahun 2023 yang dalam waktu dekat akan dibahas pemkot bersama DPRD.

Ia berharap usulan anggaran tersebut bisa dimasukkan untuk memenuhi permintaan warga yang sudah menantikan adanya lampu jalan di lingkungannya.

"Kita lagi mengusahakan, bagaimana di APBD tahun depan itu ada penambahan. Tapi memang ada target kita paling tidak 2 ribu titik itu kita upayakan di jalur-jalur lingkungan. Kita harap usulan tersebut dapat dimasukkan ke APBD tahun depan. Hal tersebut karena masih ada jalur-jalur lingkungan yang memang belum pernah tersentuh penerangan. Nanti jalur-jalur ini akan kita prioritaskan," jelas Hendri, Kamis (27/10/2022).

BACA JUGA:Kemenkominfo dan Siberkreasi Gelar Literasi Digital untuk Wilayah Sumatera

Selain itu, ia juga menambahkan pihaknya sedang merencanakan untuk pengadaan lampu di Kota Merah Putih untuk diterangkan. Namun karena konstruksi tiang lampu merupakan pengadaan dari pihak PUPR, maka pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas PUPR.

"Kalau untuk Kota Merah Putih kita masih menunggu tiangnya ya, karena pengadaannya di PUPR. Lokasi tersebut juga masuk dalam target kita karena memang butuh penerangan lampu di kawasan tersebut. Insyallah terpenuhi di tahun depan,"  jelasnya.

Sementara itu, Hendri mengaku kebutuhan lampu jalan di Kota Bengkulu yang masih harus terpenuhi jumlahnya masih sekitar 20 ribu unit. Jumlah tersebut berdasarkan hasil fasibility studi yang dilakukan pada 2019-2020 lalu dengan total 31 ribu unit lampu.

Dari jumlah tersebut, saat ini  lampu yang sudah terpasang baru sekitar 13 ribu unit, itupun sekitar 3 ribu diantaranya masih dalam keadaan tidak normal atau rusak. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: