Rabu, Panwascam se-Kota Bengkulu Dilantik, Ini Besaran Honornya

Rabu, Panwascam se-Kota Bengkulu Dilantik, Ini Besaran Honornya

Calon anggota Panwascam Kota Bengkulu saat mengikuti tes beberapa waktu lalu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Proses akhir tahapan seleksi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota BENGKULU selesai dilaksanakan. Berbagai tahapan proses seleksi mulai dari administrasi, tes tertulis, hingga wawancara telah dilalui oleh ratusan calon Panwascam.

Sebab itu pengumuman panwascam terpilih, akan diumumkan Bawaslu pada 26 Oktober besok melalui website resmi Bawaslu Kota Bengkulu. 

Kepala Bawaslu kota, Rayendra Pirasat menjelaskan, pada proses wawancara, setiap kecamatan terpilih 6 besar dan akan dipilih menjadi 3 orang untuk 9 kecamatan yang ada di Kota Bengkulu. Panwascam terpilih pun akan dilantik pada 27 Oktober mendatang dan langsung mengikuti pembekalan selama 3 hari.

"Selesainya tes wawancara menjadi tahapan terakhir bagi 6 besar di 9 kecamatan se-Kota Bengkulu. Tes itu untuk mendalami kualitas masing-masing peserta terhadap kepemiluan. Harapan kita bisa mendapatkan SDM anggota Panwaslu kecamatan yang berkualitas dan berintegritas. Supaya kerja-kerja pengawasan di Pemilu 2024 berjalan maksimal. Pengumumannya besok, langsung dirilis dari website resmi kami," jelasnya, Selasa (25/10).

Ia juga berharap, Panwaslu Kecamatan yang terpilih dapat berkontribusi maksimal dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2024. Panwaslu Kecamatan juga diharapkan mampu menjalankan tugas, pokok, fungsi, dan kewenangannya dengan penuh tanggung jawab. Mengingat tugas dari Panwascam sendiri yakni mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilu di kecamatannya.

Selanjutnya, anggota Panwascam terpilih diminta untuk segera melengkapi persyaratan berupa surat keterangan bebas penyalahgunaan narkotika, surat keterangan sehat rohani dari rumah sakit atau puskesmas, serta surat pengunduran diri dari organisasi masyarakat dengan batas waktu yang ditentukan.

Sementara itu untuk honor Panwascam ini berbeda antara ketua dengan anggota. Informasinya naik dari tahun 2019 lalui, yakni khusus Ketua Rp2,2 juta perbulan, sedangkan anggota Rp1,9 juta.(Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: