Banjir dan Longsor Landa Kaur, 2 Kecamatan Terisolir

Banjir dan Longsor Landa Kaur, 2 Kecamatan Terisolir

Kondisi jalan Kelurahan tanjung iman yang tertimbun longsor dan beberapa rumah warga desa selika terendam banjir, Selasa (11/10).-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BINTUHAN, BENGKULUEKSPRESS.COM - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Kaur Senin (11/10) sore, menyebabkan jalan lintas Kelurahan Tanjung Iman Kecamatan Kaur Tengah menuju Kecamatan Luas terimbun longsor hingga menutupi badan.

Selain itu juga hujan menyebabkan beberapa rumah warga di Desa Selika I Kecamatan Tanjung Kemuning terendam banjir. Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, namun akibat longsor ini lalu lintas di jalur tersebut macet total dan juga kecamatan yakni Luas dan Muara Sahung terisolir.

“Ya benar jalan di Kelurahan Tanjung Iman yang sempat longsor beberapa hari lalu, kini longsor lagi dan jalan ini belum bisa dilalui lalu lintas,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur, Jon Harimol M. Si, Selasa (11/10/2022).

Dikatakannya, jalur lintas Kelurahan Tanjung Iman yang menghubungkan Kecamatan Luas merupakan longsor terparah dikarenakan hujan deras yang terjadi Selasa (11/10) sore. Akibat longsor itu akses jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan baik R2 maupun R4 hingga menyebabkan lalin tersebut lumpuh total.

BACA JUGA:Pengangkatan Guru Honorer Jadi PPPK, Pemprov Bengkulu Tunggu Bantuan Pusat 

"Kita bersama dinas PU PR sedang berupaya membersihkan material longsor ini. Kita minta para pengendara agar tetap waspada," ujar Jon.

Sementara itu, hujan lebat yang melanda wilayah Kabupaten Kaur, Selasa (11/10) sore juga  menyebabkan beberapa rumah warga dan masjid di Desa Selika 1 Kecamatan Tanjung Kemuning terendam banjir.

Banjir ini  disebabkan tidak tersedianya saluran drainase yang memadai, menyebabkan genangan air menutup jalan gang dan meluap rumah warga. Banjir dadakan ini hampir terjadi setiap kali hujan deras mengguyur, sehingga masyarakat sekitar berharap ada solusi untuk mengatasi banjir dadakan ini.

Saat hujan deras dalam kurun waktu lama, air masuk hingga kedalam rumah. Bahkan, ketinggian air bisa mencapai lutut kaki orang dewasa.

“Kita harap kepada pihak terkait agar membangun drainase di desa Selika, ini agar kalau hujan tidak lagi banjir,” harap Risdianto  selaku Kades Selika I.(IRUL)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: