Isi Gas Tak Sesuai

Isi Gas Tak Sesuai

\"tabung-gas-3kg\"CURUP, BE - Isi tabung gas 3 kg dan 12 kg yang beredar di Kabupaten Rejang Lebong (RL) mulai dikeluhkan masyarakat.  Diduga isi tabung gas elpiji tidak sesuai dengan yang seharusnya.  \"Setiap kali membeli tabung gas 3 kg untuk dagang, ukuran amper kami lihat tidak penuh. Kami curiga isi tabung gas elpiji tidak sesuai dengan ukuran,\" ungkap Jamil (56) warga Kelurahan Karang Anyar.

Tidak hanya tabung gas ukuran 3 kg, isi tabung gas 12 kg kondisinya juga sama. Terkait kondisi tersebut, salah satu pengelola distribusi LPG di Rejang Lebong, Nowan dihubungi Bengkulu Ekspress melalui handphon menerangkan, fungsi amper yang terdapat pada kompor gas hanya untuk mengukur tekanan, bukan isi tabung gas elpiji.  \"Memang banyak warga yang mengeluhkan soal isi tabung gas tidak sesuai, dengan melihat amper pada kompor gas. Alat tersebut bukan untuk mengukur isi tabung gas, namun tekanan gas elpiji dalam tambung,\" terang Nowan.

Untuk membuktikan ukuran tabung gas sesuai dengan ukuran ata tidak, bisa dilakukan dengan penimbangan langsung. \"Untuk gas ukuran 3 kg tabung kosong memiliki berat 5 kg, jika penuh terisi gas elpiji beratnya 8 kg, kurang dari itu bisa dilaporkan kepada pengecer dan agen,\" tegasnya.

Begitu juga dengan tabung gas 12 kg, berat kosong tabung 15 kg, serta berat setelah terisi gas elpiji 27 kg. \"Sosialisasi sudah kami lakukan terkait adanya keluhan masyarakat soal isi tabung gas.  Jika tidak sesuai gas elpiji yang sudah dibeli oleh masyarakat bisa dikembalikan ke agen,\" tutup Nowan. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: