Dukung Ketahanan Pangan, Lanal Bengkulu Tanam Sorgum

Dukung Ketahanan Pangan, Lanal Bengkulu Tanam Sorgum

Lanal Bengkulu melakukan penanaman sorgum sebagai bentuk ketahanan pangan-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM – Untuk mewujudkan program pemerintah dalam hal mendukung ketahanan pangan dan instruksi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu melaksanakan penanaman sorgum di lahan ketahanan pangan Mako Lanal Bengkulu, Jumat (09/09/2022). Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak ini merupakan rangkaian menyambut HUT TNI AL ke – 77 tahun 2022. 

Kegiatan ini mengusung tema Melalui Gerakan Nasional Penanaman Sorgum, TNI Angkatan Laut bersama Rakyat Siap Membangun Kejayaan Maritim Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. Kegiatan ini juga di pimpin langsung oleh Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi dan Wakil Kepala Staf TNI AL (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono secara virtual dari Kampung Neglasari, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor Jawa Barat.

BACA JUGA:Lanal Bengkulu Galakkan Prolasih di Pantai Wisata Tapak Paderi

Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana A.S yang di dampingi Ketua Jalsenastri Cab.4 Korcab II DJA I Ny. Dyah Ayu Pradnyana melakukan penanaman langsung sorgum yang merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi dan kedelai.

"Kegiatan ini juga merupakan arahan dari Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo dalam Swasembada pangan untuk  meningkatkan perekonomian Bangsa Indonesia secara Nasional," jelas Danlanal.

Penanaman sorgum ini juga dilakukan secara serentak di 77 lokasi di Indonesia untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan. Sorgum dipilih sebagai pengganti gandum lantaran disebut mampu menahan air. Selain itu, sorgum juga dianggap memiliki kadar gula yang cukup rendah serta tak banyak mengandung kolesterol. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: