Bupati: Nilai UN Wajib Murni

Bupati: Nilai UN Wajib Murni

\"ujian-nasional\"BINTUHAN, BE- Bupati Hermen Malik menegaskan melarang pihak sekolah meluluskan siswa yang tidak layak lulus. Dia mengatakan kelulusan harus didasari kemampuan siswa sendiri.  Pemkab Kaur menerapkan Ujian Nasional (UN ) lulus murni tanpa katrolan nilai. \"Biarkan siswa itu tidak lulus jika ada bantuan, biarkan siswa itu lulus asal dengan kemampuanya sendiri.  Makanya dengn sosialisasi ini diharapkan UN benar-benar murni, jujur dan berkualitas itulah yang kita  harapkan,\" ujar Hermen.

Dikatakanya, UN merupakan sebuah rangkaian proses belajar mengajar, sedangkan NIM itu sebuah prestasi untuk memacu anak tersebut belajar. Jika NIM itu ada yang tinggi dan ada rendah, semuanya itu merupakan prestasi sesuai dengan kemampuan siswa masing-masing. Tapi, jangan sampai ini menjadi ajang jual beli nilai dan ajang yang tidak dinginkan. \" Jika ini dilakukan oleh guru-guru maka awas bakal ada sanksi tegas yang bakal diberikan,\" jelasnya.

Namun demikian, tambah Bupati, diharapkan  semua guru bisa melakukan hal yang terbaik, biarkan siswa itu lulus dengan kemampuanya. Itulah yang  dikatakan UN tersebut jujur, murni bekerja keras dan kritidibilitas, karena Pemkab Kaur ini mencari anak yang mau bekerja keras dan cerdas,  bukan cerdas karena nilai tinggi. \"Makanya sejak dahulu kita bangun pendidikan berkarakter agar siswa itu mempunyai bakat dan kemamapuan sendir,\" jelasnya.

Disisi lain, Kabid Dikdas Dinas pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu Hardin Sayudi Spd mengatakan dengan sosialisasi UN di Kabupaten Kaur, merupakan langkah agar Dispenbud Kaur siap untuk menyelagagarakan jika ada kekurangan agar segera dikoordinasikan. Untuk jadwal UN memang sudah ditetapkan untuk SMA/SMK/MA tanggal 15-18 April, SMP/MTSN 22-25 April sedangkan SD/MI 6-8 Mei.

\"Makanya dengan Sosisialisasi ini agar sekolah bisa mengerti dan memahami, sehingga jika ada yang belum tahu dan kekurangan bisa dikoordinasikan. Makanya hasilnya kemarin cukup sukses, karena Kaur bercita-cita untuk berusaha dengan kelulusan yang lebih baik,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: