Semua Pejabat Eselon 2 Bisa Ikut Seleksi Sekda Benteng, Tapi Ada Syarat Lainnya

Semua Pejabat Eselon 2 Bisa Ikut Seleksi Sekda Benteng, Tapi Ada Syarat Lainnya

DILANTIK : Kepala DPKPP Kabupaten Benteng, Drs Hendri Donal SH MH saat dilantik sebagai Pj Sekda Benteng, Senin (25/7) pagi.-(foto: bakti setiawan/bengkuluekspress.disway.id)-

BENTENG, BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini sudah memulai tahapan seleksi jabatan tinggi pratama (JPT) Sekretaris Daerah (Sekda).

Tahap awal, Pemda Benteng telah menyampaikan usulan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu tentang izin pelaksanaan  seleksi JPT tersebut. Setelah mengantongi izin Mendagri, barulah bisa ditindaklanjuti ke KASN.

"Mudah-mudahan, dalam kurun waktu 1 (satu) minggu ini sudah bisa dilaksanakan pengumumannya. Sehingga, proses pendaftaran peserta  bisa dimulai  secepat mungkin," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Benteng, Apileslipi SKom MSi.

BACA JUGA:12 Nama Calon Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Tak Ada Nama Incumbent

Untuk panitia seleksi (Pansel), terang Apileslipi, dipastikan bahwa tak ada panitia yang berasal dari pejabat di lingkungan Pemda Benteng. Hal itu dikarenakan, jabatan Sekda merupakan jabatan tertinggi. Sebab itulah, panitia seleksi diambil dari profesional dan akademisi dari luar Kabupaten Benteng.

"Karena jabatan Sekda merupakan yang paling tinggi, maka panitia juga bisa ditunjuk 1 (satu) tingkat diatas. Bisa saja dari Pemerintah Provinsi ataupun langsung pejabat pusat," terangnya.

Apileslipi mengungkapkan, semua pejabat eselon II bisa ikut mendaftar. Hanya saja. sesuai ketentuan, peserta seleksi harus berusia dibawah 56 tahun pada saat pelantikan, lebih dari 2 tahun menjabat eselon II dan pangkat minimal IVd. Selain itu, calon Sekda juga harus mempunyai kompetensi teknis dan managerial yang didapat dari Diklatpim II.

BACA JUGA:Heboh! 2 Bersaudara di Curup Tangkap Komplotan Pelaku Ganjal ATM

Disisi lain, Penjabat Bupati Benteng, Dr Heriyandi Roni MSi telah melantik Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Benteng, Drs Hendri Donal SH MH sebagai Penjabat Sekda Benteng. Pelantikan Pj Sekda dilakukan di ruang Sekda Benteng, sekitar pukul 09.00 WIB, Senin (25/7).

Setelah diberi tugas tambahan sebagai Sekda, Hendri Donal diminta agar segera menunjuk Pelaksana harian (Plh) pada DPKPP Kabupaten Benteng agar dapat menjalankan tugas kedinasan sehari-hari.(135)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: koran bengkulu ekspress edisi 26 juli 2022