Festival Tabut Bengkulu akan Dihadiri Sandiaga Uno

Festival Tabut Bengkulu akan Dihadiri Sandiaga Uno

Ribuan warga menyaksikan festival tabut besanding tahun 2016 lalu.-(foto dokumentasi/bengkuluekspress.com)-

Bengkulu, bengkuluekspress.com - Festival Tabut Bengkulu dijadwalkan akan dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menpardiskraf) Sandiaga Uno. Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Bengkulu DR drh Rohidin Mersyah MMA usai rapat persiapan festival tabut di Balai Raya Semarak, Jumat (15/7).

"Persiapan Event Tabut yang menjadi event nasional lagi, akan dihadiri pak Sandiaga Uno tanggal 3 dan 4 Agustus," ungkap Rohidin.

Festival Tabut Bengkulu yang awalnya akan diselenggarakan di Taman Budaya, berdasarkan hasjl keputusan rapat tadi bahwa Festival Tabut tetap akan dipusatkan di Lapangan Merdeka seperti tahun - tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Ritual Tabot, Memasuki 5 Muharam Duduk Penja Simbol Menegakkan Salat 5 Waktu

BACA JUGA:Kerennya Telong-Telong di Festival Tabot Bengkulu

Selain itu untuk pengelolaan festival dan bazar akan diserahkan oleh pihak ketiga yang nanti akan ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi.

"Semua kegiatan festival tabut akan di pusatkan di Lapangan Merdeka dan sekitarnya, nanti pengelolaan festival dan bazar akan dikelola oleh Pemerintah dan akan kita tunjuk pihak ketiga," ujar Rohidin. 

Untuk stand bazar para pedagang dirinya meminta agar harga sewa yang ditetapkan dapat terjangkau oleh masyarakat Bengkulu, sehingga tidak ada lagi keluhan penyewaan yang terlalu mahal dari para pedagang.

"Untuk stand bazar kita minta untuk harganya tidak terlalu mahal agar terjangkau dengan masyarakat. Kegiatan berlangsung selama 10 hari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Rohidin.

Disisi lain Ketua Keluarga Kerukunan Tabut (KKT) Bencolen bahwa pihaknya sedang bersiap untuk melakukan pembuatan tabut yang direncanakan akan selesai sebelum tanggal 1 Muharam.

"Yang jelas kita sudah bersiap dan bangunan tabut akan diselesaikan sebelum tanggal 1 Muharam, dan kita akan fokus untuk ritual nantinya," ungkap Safril.

Direncakan akan ada 8 tabut sakral yang dihari kesepuluh Muharam akan diarak ke Padang Karbala, dan tabut budaya direncanakan jumlahnya sebanyak 16.

"Akan ada sebanyak 8 tabut yang akan sampai di padang Karbala, untuk tabut budaya ada 16 jika semuanya dibuat dan baru dimunculkan tanggal 7 malam 8," jelas Safril.

Untuk pembuangan tabut yang akan dilakukan tanggal 10 Muharam atau tanggal 8 Agustus akan dilakukan seperti tahun tahun sebelumnya, dimana akan diarak dari lapangan merdeka hingga padang karbala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: