6000 Lansia Belum e-KTP

6000 Lansia Belum e-KTP

\"e-ktp\"BENTENG, BE - Kabupaten Bengkulu Tengah mendapatkan predikat terbaik kedua di Provinsi Bengkulu, dalam hal jumlah kesadaran warga terhadap perekaman KTP elektronik atau e-KTP. Akan tetapi hingga saat ini ternyata ada sekitar 6000 warga lanjut usia (lansia) di daerah yang dipimpin H. Bupati Ferry Ramli,SH,MH ini belum melakukan perekaman e-KTP. Ini tentunya menjadi persoalan tersendiri bagi Dinas Dukcapil Benteng.

\"Memang sebagian besar  lansia yang ada di Benteng ini, belum melakukan perekaman    e-KTP itu. Dengan berbagai alasan,seperti kesulitan untuk pergi ke Kantor Camat melakukan perekaman tersebut,\" ujar Kadis Dukcapil Benteng, Drs .H Ahmadi Hamzah.

Ditambahkannya, banyaknya lansia yang belum melakukan perekaman data e-KTP ini menjadi tantangan tersendiri bagi Dinas Dukcapil untuk jemput bola atau melakukan sesuatu. Agar para lansia ini bisa merekam dan membuat e-KTP tersebut. Dukcapil berjanji mengupayakan menyediakan mobil perekam e-KTP keliling.

\"Sehingga nantinya perekaman data dapat dilakukan dengan sistem menjemput bola. Pengadaan mobil ini diajukan dalam APBD Perubahan Kabupaten Benteng nanti,\" ujarnya.

Dijelaskannya, dengan adanya mobil keliling e-KTP ini, juga dapat membantu warga lansia, warga yang lumpuh. Dengan begitu, mereka yang tidak mampu atau tidak dapat  pergi melakukan rekam data e-KTP ke kantor kecamatan dapat melakukannya melalui mobil keliling.. \" Dengan langkah itu, perekaman e-KTP bagi lansia pun teratasi,\" pungkasnya Dikatakannya, proses pelaksanaan perekaman e-KTP di Benteng hingga saat ini masih terus berlangsung di setiap kecamatan. Sejauh ini jumlah wajib e-KTP di daerah ini sudah mencapai 77.146 jiwa.

\"Akan tetapi dari jumlah wajib e-KTP yang sudah terdata, masih ada ribuan warga yang belum melakukan perekaman data dengan berbagai alasan. Seperti sudah pindah serta menganggap tidak penting memiliki identitas itu, \" ungkapnya. (111)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: