Kapolres: Bhabin dan Nakes Terdepan Pencegahan Covid-19

Kapolres:  Bhabin dan Nakes Terdepan Pencegahan Covid-19

\"\"BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Polres Kaur menggelar Apel kesiapan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan sebagai Tracer dan Vaksinasi Covid-19. Dalam apel yang digelar dihalaman Mapolres Kaur itu dipimpin langsung Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono S IK MH dan dihadiri Pabung 0408, Kajari Kaur, Kadis Kesehatan, BPBD, Direktur RSUD Kaur serta seluruh Bhabinkamtibmas dan perwakilan tenaga kesehatan, Kamis (11/2).

Dalam amanatnya, Kapolres Kaur menyampaikan dimana kegiatan ini merupakan sebagai wujud nyata tugas Polri dilapangan dalam mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya di Kabupaten Kaur. Dimana Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan adalah lini terdepan dalam pencegahan penularan Covid-19.

“Keterlibatan Bhabinkamtibmas dan tenaga kesehatan sebagai tracer dan vaksinator Covid-19 ini menjadikan Polri sebagai garda terdepan dalam membantu tenaga kesehatan melakukan vaksin ke masyarakat,” kata Kapolres dalam sambutannya, Kamis (12/2).

Disampaikan Kapolres, dimana kini sedang mengalami situasi pandemi Covid-19. Kurang lebih hampir 1 tahun sejak kasus pertama Covid-19 diumumkan oleh Bapak Presiden RI, hingga saat ini kondisi penambahan kasus aktif masih terus meningkat secara fluktuatif. Berbagai sektor kehidupan masyarakat juga tidak luput dari dampak pandemi ini. Berbagai upaya pemerintah secara ekstra ordinary terus dilakukan secara terpadu dalam rangka percepatan penanganan pandemi Covid-19 dan mewujudkan pemulihan ekonomi nasional.

“Sampai dengan tanggal 10 Februari 2021, secara global sebanyak 220 negara telah terpapar pandemi Covid-19, sebanyak 107.460.128 orang terkonfirmasi positif dan 2.352.837 orang meninggal dunia. Sedangkan di Indonesia sebanyak 1.183.555 orang terkonfirmasi positif dan 32.167 orang meninggal dunia akibat Covid-19,\" kata Kapolres.

Lanjutnya, Indonesia telah memiliki sebanyak 19,5 juta vaksin yang sudah didistribusikan ke dinas-dinas kesehatan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Oleh karena itu, saya perintahkan kepada seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk terus melakukan pengawalan dan pengamanan baik saat pendistribusian, penyimpanan, maupun nantinya saat vaksin tersebut diberikan kepada masyarakat Indonesia.

“Sesuai dengan penekanan saya dalam Program Prioritas Kapolri melalui transformasi operasional yaitu kegiatan pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19, yang diimplementasikan dalam aksi mengerahkan seluruh sumber daya Polri dalam membantu pemerintah menanggulangi Covid-19,” sampainya.

Ditambahkannya, Polri juga sudah menyiapkan 40.336 personel Bhabinkamtibmas yang tergelar di seluruh wilayah Indonesia yang sudah disiapkan untuk bertindak sebagai tracer sebagai langkah deteksi dini dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Sebagaimana arahan Bapak Presiden RI, bahwa selain disiplin protokol kesehatan, penerapan penguatan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) juga menjadi kunci dalam upaya mengatasi pandemi Covid-19.

“Untuk seluruh tenaga vaksinator dan tracer Covid-19 yang telah diberikan pelatihan, akan menjadi tenaga Polri yang cakap dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kaur ini dan kita harap wabah Covid-19 ini cepat segera berakhir,\" tandasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: