Sekda: Minta Realisasi DAK Sesuai Target

Sekda: Minta Realisasi DAK Sesuai Target

\"\"BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kaur H Nandar Munadi M Si meminta kepada OPD terkait yang menerima kucuran Dana alokasi Khsusus (DAK) berbagai sektor untuk bekerja keras. Hal ini disampaikan Sekda dalam rapat koordinasi (Rakor) percepatan pelaksanaan program kegiatan DAK yang diselenggarakan di ruang aula lantai 2 setda Kaur, Kamis (28/1).

“Ini jangan sampai tidak terserap sesuai jadwal, jika hal ini sampai terjadi maka yang akan mengalami kerugian maka Pemkab Kaur,” kata Sekda.

Dikatakan Nandar, tahun 2021 ini total DAK yang masuk sebesar Rp 172 miliar lebih, yang masuk di delapan OPD yakni Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP), Dinas Pendidikan (Dispendik), Dinas PU PR, RSUD Kaur, Dinas Pertanian (Dipertan), Diskop UKM Prindag, Perpustakaan asrisp daerah (Perpusda) dan Dinas pengendalian penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Prempuan dan perlindungan Anak (DPPKB-P3A) Kaur.

“Penyerapan DAK tahun lalu sudah lumayan baik, harapan kita tahun 2021 ini jangan sampai menurun, tentu hal ini perlu kerjasama antar OPD dan pihak terkait jangan sampai ada kendala dalam penyerapan,” terangnya.

Ditambahkannya, dimana DAK yang dikucurkan oleh pemerintah pusat sebesar Rp 172 miliar itu sangat bermanfaat, seperti kesehatan yang nanti akan dipergunakan membangun Puskesmas, sementara pendudikan akan merehab bangunan sekolah pengadaan alat peraga sekolah. Sedangkan disektor pertanian juga tak kalah pentingnya menunjang kebutuhan petani, sama juga dengan beberapa OPD lain.

“DAK ini langsung bersentuhan dengan masyarakat, jadi benar- benar benar dibutuhkan untuk kepentingan umum jangan sampai malah lalai terutama OPD terkait,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: