Sediakan Benih Kedelai

Sediakan  Benih Kedelai

\"kedele_02\"KOTA BINTUHAN,BE – Bagi petani di Kabupaten Kaur yang berminat mengembangkan budidaya pertanian holtikultura, khususnya tanaman kedelai. Tahun ini Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kaur akan menyediakan bantuan benih kacang kedelai. Bantuan tersebut didapat dari kucuran Kementerian Pertanian RI yang diperuntukan bagi pengembangan 500 hektaar lahan.

\"Lahan saat ini sudah disiapkan sebanyak 500 hektar yang tersebar di 15 Kecamatan, namun didesa mana saja saat ini masih dalam pendataan,\" ujar  Kepala Dinas Pertanian Asmawan SSos melalui Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Sopiarti SP kepada wartawan, kemarin.

Dikatakannya, rencana bantuan tersebut akan disalurkan kepada 50 kelompok tani yang tersebar diseluruh kecamatan. Bantaun tersebut akan segera disalurkan setalah bantuan dikucurkan oleh pusat.

Diperkirakan bantuan tersebut akan datang sekitar bulan April mendatang.  \"Kemungkinan akan dikucurkan sekitar bulan April atau Mei mendatang, karena saat ini  masih dilakukan pendataan lahan masyarakat khususnya di 195 desa, namun seperti  Maje, Nasal dan Kinal sudah ada banyak lahan didapatkan, sedangkan lainya masih butuh  pendataan,\" jelasnya.

Dijelaskan Sopiarti, bantuan yang bakal dikucurkan berbentuk subsidi bagi pembelian benih kedelai. Sehingga dari harga benih yang akan dibeli,75 persen harga akan dibayar oleh Pemerintah, sehingga sisa 25 persen ditanggung petani sendiri.

\"Bantuan ini merupakan bentuk subsidi sehingga dapat memancing minat petani untuk membudidayakan holtikultura khususnya tanaman kedelai, namun jika masyarakat ingin mengmbang sendiri tidak melalui kelompok, maka petani bisa langsung koordinasi dengan kelompok yang ditunjuk,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: