Honor Perangkat Desa Naik

Honor Perangkat Desa Naik

BENTENG, BE - Ini kabar gembira bagi seluruh perangkat desa se- Kabupaten Benteng ini. Terhitung tahun 2013 ini, Badan Permberdayaan  Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) menaikan honor para perangkat desa. Hanya saja, untuk jumlah kenaikan honor itu, bervariasi. \"Keputusan dari hasil rapat bersama itu, para perangkat desa ini mengalami kenaikan honornya. Namun, kenaikan dilakukan secara bervariasi,\" ucap Kepala  BPMPD Benteng, Agus Salim, S.Sos, kemarin.

Kenikan honor perangkat desa itu seperti, untuk honor Kepala desa (kades), dari sebesar Rp, 1,5 juta menjadi Rp 2 juta/bulan. Sekretaris desa (sekdes), dari Rp 500 ribu menjadi Rp 600 ribu/bulannya. Kasi dari Rp 350 menjadi Rp 375 dan kepala dusun (kadun) dari, Rp 185 menjadi Rp 225/bulannya.

Kenaikan honor juga dirasakan oleh perangkat Badan Pemberdayaan Desa (BPD). Untuk honor ketua BPD, dari sebesar Rp 500 menjadi Rp 550/bulan. Wakil Ketua BPD, dari Rp 400 ribu menjadi Rp 425/orang. Sekretaris, dari Rp dari Rp 350 ribu menjadi Rp 375 dan anggota BPD dari, Rp 250 menjadi Rp 275 ribu/bulan.

Kenaikan ini berdasarkan musyawarah BPMPD Benteng, bersama seluruh camat se- Benteng, dan ketua forum Kades  dimasing - masing kecamatan. Rapat itu berlangsung di kantor BPMPD Benteng yang terletak di desa Nakau Kecamatan Talang Empat. \"

Sambung Agus Salim, anggaran untuk pembayaran honor perangkat desa itu bersumber dari alokasi dana  desa (ADD) tahun 2013 ini. Untuk pembayaran honor kades membutuhkan anggaran sebesar Rp 3,408 miliar. Honor sekdes sebesar Rp 252 juta, honor untuk Kasi, Rp 1,917 miliar dan honor untuk Kadun, sebesar Rp 1,174 miliar. Sedangkan, anggaran untuk pembayaran honor ketua BPD, diplot sebesar Rp 937 juta. Wakil ketua BPD, sebesar Rp 724,2 juta. Berikutnya honor sekretaris BPBD, Rp 639 juta  dan honor anggota BPD, sebesar Rp  1,128 miliar.

\'\'Pembayaran honor kepada seluruh perangkat desa itu, dilakukan triwulan atau 3 bulan sekali. Dengan kenaikan honor para perangkat desa ini, kita harapkan juga dapat diimbangi dengan meningkatnya kinerja mereka,\" terangnya. (111)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: