Tenang Ada Chika Yang Bantu Beri Informasi Untuk Peserta Jkn-Kis

Tenang Ada Chika Yang Bantu Beri Informasi Untuk Peserta Jkn-Kis

\"\" Narasumber : Uci Sherly Rimadanti

Curup, Bengkuluekspress.com – BPJS Kesehatan tetap senantiasa berinovasi demi kemudahan untuk mengakses layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bagi seluruh masyarakat Indonesia. Baik bagi yang sudah terdaftar menjadi peserta maupun yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Wabah pandemi virus Covid-19 yang mau tidak mau memaksa masyarakat untuk melaksanakan physical distancing sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 ini di era New Normal ini, BPJS Kesehatan menawarkan beberapa sistem pelayanan informasi yang bisa diakses oleh peserta JKN-KIS dengan mudah tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

Jika selama ini peserta JKN-KIS bisa memanfaatkan fitur yang ada di aplikasi Mobile JKN atau dengan melakukan panggilan langsung melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, kini peserta JKN-KIS diberikan tambahan saluran informasi dengan mengaksesnya melalui CHIKA yang merupakan singkatan dari Chat Assistant JKN.

CHIKA merupakan pelayanan informasi melalui obrolan (chatting) yang akan direspon oleh suatu sistem kecerdasan buatan atau yang lebih dikenal dengan istilah Artifial Intelligence yang akan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh peserta JKN-KIS.

Uci Sherly Rimadanti (24) merupakan seorang peserta JKN-KIS dari sektor Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang merasakan manfaat aplikasi CHIKA.

“Kemarin ada teman yang menyarankan untuk menggunakan metode obrolan di aplikasi Whatsapp ini. Sudah dicoba dan cara penggunaanya juga gampang sekali. Benar-benar praktis. Hanya bermodalkan fitur chatting Whatsapp banyak menu yang bisa kita gunakan,” ujarnya (30/7).

CHIKA dapat memberikan informasi terkait status kepesertaan dan tagihan iuran peserta, manfaat dan prosedur pelayanan kesehatan Program JKN-KIS, prosedur pendaftaran peserta Program JKN-KIS, prosedur dan ketentuan perubahan data peserta, lokasi fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, serta lokasi kantor BPJS Kesehatan.

“Sudah dipakai untuk cek tagihan. Karena memang kadang lupa apakah sudah dibayar atau belum tagihannya bulan ini. Praktis sekali menggunakannya hanya tinggal kirim pesan saja kemudian bot nanti akan memberi instruksi untuk kita ikuti,” ujarnya.

CHIKA bisa diakses melalui chatting ke nomor 08118750400 melalui aplikasi Whatsapp dan Telegram (https://t.me/BPJSKes_bot) atau melalui Facebook Messenger BPJS Kesehatan. (RW/ds)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: