Lurah Positif Covid-19, Dinkes Lakukan Tracking

Lurah Positif Covid-19, Dinkes Lakukan Tracking

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Setelah Lurah Kampung Kelawi dan sang istri dinyatakan positif terpapar covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes, red) Kota Bengkulu mengambil langkah cepat dengan melakukan tracing dan melakukan rapid test hingga swab test terhadap warga sekitar, serta keluarga terdekat lurah dan istri. Hal ini guna mencegah penyebaran covid 19 atau viris korona tersebut.

\"Setelah lurah Kampung Kelawi Kota Bengkulu dinyatakan positip covid 19, kita (Dinkes kota, red) sudah melakukan test swab dan rapid test terhadap warga sekitar rumah sang lurah, keluarga terdekat dan staf yang berada di kantor lurah Kampung Kelawi,\" ucap Kedinkes Kota Bengkulu Susilawaty, Kamis (4/6).

Tracing terhadap perjalan lurah tersebut sejak Rabu (10/6) dan sudah melakukan rapid test terhadap 30 orang warga sekitar rumah, serta 10 orang staf kantor lurah. Bahkan pihaknya juga melakukan swab test terhadap keluarga terdekat dan yang berkontak erat dengan sang lurah.

\"Ini dilakukan agar dapat meminimalisasi penyebaran covid 19 dan mengantisipasi penyebaran bersekala besar, terlebih sebelumnya sang lurah sempat berbaur dengan masyarakat saat pembagian beras dan mie di kelurahan tersebut,\" bebernya.

Dari hasil rapid test terhadap warga sekitar rumah dan staf yang berada di kantor lurah, tak satupun hasil rapid test yang ditemukan reaktif, sedangkan untuk hasil swab pihaknya juga masih menunggu hasil dari pihak RSMY Bengkulu.

\"Untuk hasil rapid test memang nonreaktif, namun untuk hasil SWAB memang masih menunggu beberapa hari kedepan dan jika hasilnya sudah keluar maka tindakan cepat jika ada yang positif pasti langsung kita lakukan karantina mandiri nantinya,\" ucapnya.

Ia pun meminta agar warga sekitar Kelurahan Kampung Kelawi untuk tidak takut dan cemas berlebihan. Daripada takut berlebihan lebih baik untuk tetap jaga kesehatan, pola makan dan konsumsi vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh.

\"Saya meminta semuanya untuk tetap tenang dengan mengutamakan protokol kesehatan agar covid 19 tidak menyerang tubuh kita dan selalu berpikiran positif tentunya,\" demikian tutupnya kepada BE. (529)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: