Pakem Awasi 3 Aliran

Pakem Awasi 3 Aliran

\"pakem\"BINTUHAN,BE – Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) Kabupaten Kaur terus melakukan pengawasan dan kontrol terhadap aliran kepercayaan sehingga tidak berkembang aliran kepercayaan yang menyesatkan masyarakat. Didalam masyarakat,  terdapat 3 aliran kepercayaan yang cukup dikenal menjadi aliran kepercayaan yang dianut beberapa warga masyarakat.

Antara lain  Lembaga Dakwah  Islam Indonesia (LDII), Himpunan Keluarga Besar Sriwijaya Bukit Barisan (HKBSBB) dan Jam’iyyah Ahli Thoriqoh Mu’tabaroh Indonesia (JATMI).

\"Kondisi 3 aliran nampaknya sudah sangat baik, kemudian tidak ada yang diragukan. Namun pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan aliran tersebut,\" ujar Ketua PAKEM Kabupaten Kaur juga kejari Bintuhan  HM Iwa Suwia Pribawa SH, kemarin. Dikatakanya, sampai saat ini belum ada aliran kepercayaan, baik kepercayaan agama maupun kepercayaan budaya yang terindikasi menjadi aliran sesat.

Pihaknya bersama tim Pakem diantaranya  Kepolisian, Pemda Kaur, MUI Kaur selalu melihat perkembangan ajaran  aliran kepercayaan yang berkembang dimasyarakat. Namun jika ada perkembangan  terbaru pasti masyarakat akan melaporkanya, namun sementara ini hanya tiga yang  diketahui dan tiga aliran itu aktif ditengah-tengah masyarakat.

\"Kita belum melihat adanya aliran kepercayaan masyarakat yang keluar jalur atau terindikasi sesat. Namun tim Pakem selalu mengawasi, koordinasi dan sliturahmi itu yang paling penting dilakukan,\" jelasnya.

Kemudian itu, kata Iwa, perkembangan aliran kepercayaan masyarakat di Kabupaten Kaur akan dilaporkan kepada tim Pakem tingkat I Provinsi Bengkulu. Perkembangan aliran kepercayaan di Kabupaten Kaur ini diketahui dengan meminta keterangan terhadap pengurus setiap aliran untuk menjelaskan visi dan misi aliran. Selain itu, ajaran seperti apa yang mereka kembangkan dimasyarakat selama ini. Kemudian tiap bulanya terus melakukan evaluasi dengan mengadakan pertemuan terhadap 3 aliran kepercayaan.

\"Selain berdasarkan laporan dari masyarakat, kita perlu melakukan tanya jawab langsung dengan pengurus aliran, sehingga koordinasi tetap terjaga. Disamping melihat perkembangan jika adanya aliran baru di Kaur ini,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: