PPS Pilkada Diminati, Pendaftar Mulai dari Kalangan Mahasiswa Hingga IRT

PPS Pilkada Diminati, Pendaftar Mulai dari Kalangan Mahasiswa Hingga IRT

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu sudah mulai dibuka Selasa (18/02). Masyarakat nampak mulai berdatangan untuk mendaftarkan dirinya. Pendaftar yang datang berasal dari berbagai profesi seperti karyawan swasta, ibu rumah tangga (IRT), mahasiswa dan lain-lain.

Salah satu pendaftar, Yuni Alsi, seorang IRT mengaku tertarik untuk ikut lagi menjadi bagian dari anggota PPS setelah pernah ikut beberapa tahun lalu saat pemilihan gubernur. Dengan pengalaman yang dimilikinya, Yuni optimis bisa kembali lolos di seleksi calon PPS pemilihan gubernur 2020 ini.

\"Ya coba lagi mas, mudah-mudahan lolos lagi. Yang penting usaha dulu,\" ucapnya sembari bersemangat setelah menyerahkan berkas pendaftaran di kantor KPU Kota Bengkulu, Rabu (19/02).

Ada beberapa kriteria dan persyaratan yang di buat KPU untuk calon PPS yang diterima, diantaranya batasan umur minimal 17 tahun, pendidikan minimal SLTA/SMA dan tidak terikat pada partai politik. Serta Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan rumah sakit atau puskesmas.

Sementara Komisioner KPU Kota Bengkulu, Romi Sugara SSos mengatakan, pendaftaran dimulai tanggal 18 Februari dan berakhir sampai 24 Februari 2020.  Ada beberapa tahapan yang dilalui pendaftar nantinya seperti seleksi administrasi, tertulis dan wawancara.

\"Untuk jumlah PPS yang dibutuhkan yakni mencapai 201orang dari 67 kelurahan yang ada se-Kota Bengkulu. Nantinya PPS tersebut masing-masing akan ditugaskan 3 orang per kelurahan dengan masa kerja sekitar 8 bulan,\" jelas Romi.

Tambah Romi jika dalam 1 kelurahan terdapat kurang dari 6 pendaftar, maka masa pendaftaran bakal diperpanjang kembali. Hal itu dilakukan agar proses seleksi berjalan selektif supaya mendapatkan SDM yang paling unggul. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: