Didominasi Usulan Jalan dan Jembatan

Didominasi Usulan Jalan dan Jembatan

TALANG EMPAT, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar musyawarah rencana pembangunan tingkat kecamatan (Musrenbangcam), senin (10/2).

Acara dibuka langsung oleh Wakil Bupati Benteng, Septi Peryadi STP ini dihadiri Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan (Barenlitbang) Kabupaten Benteng, Nirzawan SH MM, Camat Talang Empat Hj Siti Fatimah SH, seluruh Kepala Desa (Kades), BPD dan perwakilan perusahaan.

Dalam kesempatan itu, banyak usulan yang disampaikan dengan estimasi kebutuhan anggaran menembus angka Rp 195 miliar. Dari keseluruhan, yang mendominasi adalah pembangunan jalan kabupaten.

Diantaranya, pembangunan jalan pesantren di Desa Air Sebakul, pembangunan jalan di Desa Air Putih (Hotmik), pengaspalan jalan dan pembukaan badan jalan di Desa PUT, pembangunan jalan dan drainase di Desa Jayakarta, peningkatan status jalan di Desa Kembang Seri (Lapen) di Desa Kembang Seri dan Lapen di Desa Taba Pasemah.

Selain itu, sejumlah desa juga mengusulkan pembuatan jembatan. Yaitu, jembatan Air Bengkulu di Desa Taba Pasemah, jembatan gantung di Desa Kembang Seri dan jembatan gantung di Desa Pulau Panggung.

\"Dari 10 desa di wilayah Kecamatan Talang Empat, hampir semuanya mengusulkan perbaikan jalan kabupaten yang melintasi desa mereka. Sebab, jalan tersebut sudah mengalami kerusakan dan sulit dilewati,\" ungkap Camat Talang Empat, Siti Fatimah.

Selain jalan dengan jembatan, sarana dan prasarana lain juga diusulkan warga. Seperti penambahan tiang listrik oleh pihak PLN, pengadaan lampu jalan serta pengembangan objek wisata oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD)teknis.\"Besar harapan kami agar semua usulan diakomodir,\" pintanya.

Sementara itu, Kepala Barenlitbang Kabupaten Benteng, Nirzawan mengatakan Musrenbangcam merupakan salah satu tahapan sebelum melaksanakan musyawarah rencana pembangunan tingkat kabupaten (Musrenbangkab) pada akhir bulan Maret 2020.

Dari 11 kecamatan, lanjutnya, 9 kecamatan sudah menggelar Musrenbangcam. Hanya tinggal 2 kecamatan lagi, yaitu Kecamatan Karang Tinggi dan Kecamatan Pondok Kelapa.

\"Dari keseluruhan, usulan pembangunan jalan mendominasi. Apa yang disampaikan akan kami rekap dan bahas bersama seluruh OPD di lingkungan Pemda Benteng. Realisasi terhadap usulan saat Musrenbangcam akan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia tahun 2020. Dengan keterbatasan, penetapan objek pembangunan dilakukan dengan mempedomani skala prioritas,\" tandasnya.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: