RSUD Bangun Kamar Jenazah dan Ruang ICU

RSUD Bangun Kamar Jenazah dan Ruang ICU

BENTENG, bengkuluekspress.com - Seriring dengan meningkatnya pelayanan, sarana dan prasarana (sapras) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) perlahan dilengkapi. Tahun depan, RSUD Benteng akan dilengkapi dengan kamar jenazah. Sehingga, jenazah pasien yang dirawat ataupun meninggal di luar RS bisa diletakkan sementara di RSUD Benteng sebelumnya dikebumikan.

\"Lahan sudah disiapkan. Lokasinya tepat berada tak jauh dari ruangan OK atau kamar operasi,\" kata Direktur RSUD Kabupaten Benteng, dr Listikarini Hilen Widyastuti, kemarin (2/2).

Dijelaskan Hilen, pembangunan kamar jenazah akan dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Benteng. Selain gedung kamar jenazah, tahun ini juga akan dibangun ruang ICU atau ruangan khusus bagi pasien yang mengalami penurunan kesadaran. Baik pasca operasi ataupun pasien gawat darurat yang tak sadarkan diri akibat stroke, kecelakaan atau cidera kepala.

\"Pembangunan gedung diakomodir oleh anggaran yang tersedia pada Dinas PUPR Benteng. RSUD hanya menerima ruangan yang telah selesai dibangun,\" jelas Hilen. Data terhimpun BE, RSUD Benteng memang berkembang pesat sejak tahun 2019 lalu. Tepatnya di bawah kepemimpinan dr Hilen yang sebelumnya lama menjabat Kepala Puskesmas Ujung Karang.

Di tahun 2020 ini, RSUD Benteng siap melayani pasien yang ingin melakukan operasi katarak tanpa jahitan pada bagian mata, operasi tumor jinak dan kuret. Dalam waktu dekat, RSUD juga akan siap melayani operasi caecar dan steril. \"Kami juga sudah bisa melayani ibu hamil yang ingin melakukan pengecekan kandungan (layanan USG). Selain itu, layanan dokter anak juga diintensifkan, jika selama ini hanya bisa melayani 1 kali dalam seminggu, saat ini sudah 2 kali dalam seminggu,\" tandasnya.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: