15 Calon PPK Langsung Gugur

15 Calon PPK Langsung Gugur

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu menggelar tes tertulis calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di di gedung Sains dan Teknologi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, Kamis pagi (30/1). Dari 398 peserta yang lulus seleksi administrasi, 15 orang tidak hadir dalam tes tertulis ini dan langsung dinyatakan gugur.

\"Ya untuk hari ini kita sudah mengadakan tes tertulis untuk calon anggota PPK dan dalam tes tersebut ada 15 orang yang tidak hadir tanpa keterangan sehingga langsung kita nyatakan gugur,\" kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, Martawansyah, kemarin (30/1).

Ia menjelaskan, dalam tes tertulis tersebut para peserta harus menjawab soal sebanyak 60 butir soal yang telah disiapkan oleh panitia. Soal tersebut berupa pilihan ganda dengan waktu 90 menit. \"Kita bagikan kertas soal dan jawaban dan peserta silahkan mengisi identitas dan mengisi jawaban sesuai dengan pengetahuannya,\" jelasnya.

Menurut Martawansyah, soal yang sudah dirancang dan dibuat oleh KPU pusat bersama KPU kabupaten/kota tersebut akan sangat mudah diisi jika calon PPK ini memiliki wawasan yang luas mengenai kepemiluan, Peraturan KPU, Undang-undang Pilkada, serta tugas dan wewenang PPK itu sendiri.

Dalam setiap butir soal memiliki bobot nilai tersendiri untuk mengetahui kemampuan akademik calon PPK ini. \"Sebelumnya kita sudah membedah soal ini sesuai dengan ketentuan, sehingga tidak akan jauh dari masalah kepemiluan karena kita bukan untuk mempersulit para calon PPK dalam tes tetapi untuk mencari dari segi wawasan dan pengetahuan dari anggota PPK ini,\" ujar Martawansyah.

Ia mengatakan, tes ini digelar sebagai persiapan KPU kota dalam pemilihan kepala daerah yakni pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2020 ini. \"Untuk nama-nama yang lulus tes tertulis ini akan kita umumkan pada tanggal 3-5 Februari nanti, dari hasil itu hanya 10 besar disetiap kecamatan yang berhak mengikuti seleksi tes wawancara pada 8 Februari mendatang,\" bebernya.

Ia mengatakan, dalam tes tertulis tersebut, pihaknya menggunakan 15 ruangan dengan masing-masing 28 orang setiap ruangan. Tes ini pun diawasi ketat oleh komisioner KPU, Sekretariat dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bengkulu.

\"Tidak ada yang bisa bermain curang atau main belakang dalam perekrutan anggota PPK ini, semuanya murni diambil dari hasil tes tertulis ini. Karena kita mencari anggota PPK yang benar-benar mampu mengemban amanat sebagai PPK dalam pesta demokrasi tahun ini,\" tutupnya. (529)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: