Kemenhub Cek Pelabuhan Enggano

Kemenhub Cek Pelabuhan Enggano

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Rusaknya pelabuhan di Desa Kahyapu Pulau Enggano mulai diperbaiki oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sebanyak 8 orang tim Kemenhub turun meninjau lokasi pelabuhan untuk dimulainya perbaikan. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu, Darpinudin mengatakan, upaya ini untuk memulihkan kembali pelabuhan Kahyapu yang tidak bisa disandari kapal sejak Agustus tahun lalu.

“Dari ASDP Kemenhub sudah turun melihat langsung kondisi pelabuhan yang rusak, untuk diperbaiki,” terang Darpin kepada BE, kemarin (30/1).

“Semua dicek dulu, tiang betonnya juga. Bisa tidak untuk bersandar atau tidak,” paparnya. Jika tim itu nantinya telah pulang, maka akan disimpulkan, pelabuhan tersebut masih layak ataupun tidak digunakan. Jika masih layak, maka Kemenhub akan memberikan surat rekomendasi bersadarnya kapal.

“Karena dari pihak kapal juga menunggu surat itu. Kalau memang layak, maka akan bersadar terlebih dahulu,” tutur Darpin. Untuk perbaikan total, akan dilakukan tahun ini dengan anggaran dari pusat. Sebab, pelabuhan tersebut menjadi kewenangan Kemenhub.

Darpin berharap, Kemhub, bisa segera merenovasi total pelabuhaan yang ada di pulau terluar tersebut. “Apapun hasilnya nanti kita tunggu,” tutupnya. Untuk diketahui, pelabuhan itu rusak karena tiang pancang penyangga patah, sehingga Dholpin dan Catwalk dermaga penyeberangan Kahyapu Pulau Enggano jatuh ke laut sejak 4 Agustus 2019 lalu. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: