349 Calon PPK Tes Tertulis

349 Calon PPK Tes Tertulis

ARGA MAKMUR, bengkuluekspress.com - Sebanyak 349 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) yang lulus administrasi akan mengikuti tes tertulis hari ini (30/1).

\"Ya, dari hasil seleksi penelitian administrasi, sebanyak 349 peserta yang lolos akan mengikuti tes tertulis besok. Jumlah tersebut merupakan dari 18 kecamatan, karena untuk Kecamatan Enggano masuk di masa perpanjangan pendaftaran untuk seleksi tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 2 Februari,\" kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) BU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Rama Diandri, SIKom, kemarin (29/1).

Tes tertulis tersebut akan dilaksnakan di aula Universitas Ratu Samban (Unras) BU dengan menggunakan sistem Lembar Jawaban Komputer (LJK). Soal ujian dibuat oleh para komisioner KPU dengan menggandeng pihak ketiga yakni Ganesha Operation (GO) Bengkulu.

\"Untuk soal memang dibuat dari masing-masing komisioner dan diharapkan para peserta dapat mempelajari materi tentang kepemiluan, pemahaman tentang data pemilu dan soal Indonesia. Secara umum para peserta harus paham tentang UU No 10 tahun 2016,\" ujarnya.

Lebih lanjut Rama Diandri menuturkan, hasil tes tertulis akan disaring sebanyak 10 peserta dengan sistem ranking. Kemudian nantinya akan melanjutkan tes wawancara di KPU BU pada 8 Februari 2020 mendatang yang akan disaring kembali menjadi 5 orang PPK untuk penempatan di setiap kecamatan.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan, demi transparansi dan keterbukaan, pihaknya juga akan mengundang pihak KPU Provinsi Bengkulu, Bawaslu, Kodim, Polres, dan Legislatif BU untuk turut serta dalam pemeriksaan LJK para peserta.

\"Kita harapkan para peserta untuk menyiapkan diri dan datang 30 menit seblum pelaksanaan tes dimulai. Yang jelas peserta harus membawa nomor registrasi dan KTP, serta alat tulis dan berpakaian rapi pakai kemeja bebas pantas dan besepatu,\" tukasnya.(127)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: