Prakin di Bali Diperpanjang

Prakin  di Bali Diperpanjang

BINTUHAN, BE- Sebanyak 96 orang siswa SMKN 4 Kelautan Kaur yang mengikuti magang atau Praktek Kerja dan Industri (Prakin) diluar daerah khususya Provinsi Bali dan Jawa Barat diperpanjang. Sebelumnya selesai prakin sekitar bulan April mendatang, namun karena masih ada beberapa hal tugas prakin yang belum selesai maka diperpanjang selama dua bulan, sehingga awal Juni siswa SMKN 4 Kaur sudah berada di Kaur.

\"Memang perpanjangan ini sesuai dengan metode pembelajaran atau tugas yang belum selesai, maka prakin Siswa SMKN 4 Kaur diperpanjang, \" kata Kadispenbud Kaur M Daud Abdullah SPd didampingi  guru pembimbing dan pembina prakin Andi Asmansyah Putra SPi.

Dikatakanya, sebanyak 69 siswa SMKN 4 Kaur terbagi 3 jurusan yakni Nautika Perikanan Laut (NPL) sebanyak 20 siswa orang, mereka  akan prakin menuju Bali sedangkan 6 siswa ke Bengkulu. Kemudian jurusan Teknik Budi  Daya Perikanan (TBP) sebanyak 30 siswa. Mereka dibagi dua  prakin untuk 9 orang prakin ke BBI Suka Bumi,  Jawa Barat.  Sedangkan 21 siswa ke Balai Benih Ikan (BBI) Suku Tiga, Nasal. Lalu jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) jumlahnya  12 siswa prakin ke Bengkulu.

Seharusnya Praktek Tenaga Kerja dan Industri selama 3 bulan lamanya, yakni mulai 13 Januari-13 April mendatang, guna prakin tersebut untuk mengasah keahlian setelah menerima materi dari sekolahnya.  \"Namun sebelum pelayaran dimuali mereka harus mengambil belajar dasar yakni  Basic Safety Training (BST), setelah mendapatkan sertifikat maka mereka khusus siswa yang prakin kebali akan mengkuti pelayaran,\" ujarnya.

Selanjutnya, 20  siswa itu yang sudah lulus BST maka mereka langsung melakukan prakin dalam kapal PT Bandar Nelayan di Kuta Provinsi Bali, dari 20 siswa itu terbagi 4 kelompok mengingat disana ada 4 kapal pesiar sehingga mereka akan melakukan prakin hingga bulan juni mendatang.

\"Jika sudah selesai maka sertifikat akan diberikan kepad siswa, jika sudah selesai menamatkan pendidikanya, dengan jaminan mereka sudah bisa bekerja di sana,\" jelasnya.

Disisi lain, untuk jurusan TBP terebagi atas dua lokasi yakni BBI Suka Bumi Jabar dan juga BBI Nasal bengkulu. Mereka tetap 3 bulan bulan April sudah selesai, yang diperpanjang hanya khusus prakin pelayaran. mengingat banyak persyaratan yang harus dilaluinya, maka perlu proses pembelajaran yang lebih lama.

\"Untuk biaya tidak ada tambahan apa-apa karena ini sudah ditanggung sebagian PT dan uang iuran saat pendaftaaran. Makanya semuanya sudah terlaksana dengan baik, saat ini mereka sudah 4 hari melakukan pelayaran,\" jelasnya. (823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: