Bupati Dukung Lomba Burung Berkicau

Bupati Dukung Lomba Burung Berkicau

LEBONG, bengkuluekspress.com – Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIp MSi memastikan akan terus mendukung kegiatan yang positif, guna memperkenalkan Kabupaten Lebong yang banyak memiliki potensi. Hal tersebut disampaikannya ketika membuka secara resmi perlomban burung berkicau yang mengambil tema “Lebong Bird Festival” yang dilaksanakan di lapangan upacara Kantor Bupati Lebong, kemarin (25/12).

“Seperti perlombaan burung kali ini, ini merupakan salah satu upaya Pemkab Lebong untuk memperkenalkan Lebong,” jelasnya, kemarin (22/12).

Menurutnya, apalagi dari laporan yang ia terima dari panita perlombaan, selain para kicau mania yang ada di Lebong, perlombaan sendiri diikuti oleh para kicau mania dari kabupaten tetangga. Bahkan kicau mania yang berasal dari provinsi tetangga, seperti Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jambi, Sumara Barat (Padang) serta provinsi lainnya. “Secara tidak langsung nanti para kicaumania yang dari luar Lebong akan bercerita tentang Lebong,” ucapnya.

Ditambahkan Bupati, penggemar burung berkicau tidak mengenal umur. Bahkan para pecinta burung dari kalangan terbawah hingga paling atas. Untuk itulah, kegiatan ini harus sering dilakukan dan didukung, sehingga ada wadah bagi para kicau mania. “Untuk burung saya sangat mendukung, untuk itulah Saya sering memerintahkan agar perlombaan seperti ini bisa terus dilaksanakan,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Diskominfo-SP Lebong, Donni Swabuana ST MSi mengatakan, setidaknya perlombaan diikuti lebih kurang 1000 peserta yang mengikuti seluruh kelas yang telah dibuka oleh para panitia. “Kami ucapkan terima kasih dan tunggu Lebong Bird Festival selanjutnya,” singkat Donni.

Lebong Bird Festival merupakan kerjasama antara Pemkab Lebong melalui Dinas Komunikasi Informatika Statsitik dan Persandian (Diskominfo-SP) dengan KLI Korwil Bengkulu. Dalam event ini ada dua kegiatan yang akan digelar, yaitu singing contes yaitu perlombaan burung berkicau dengan total 22 kelas lomba. Kelas utama yaitu kelas Lebong Bird dengan pendaftaran Rp 250 ribu dan hadia utama sebesar Rp 5 juta.

Selanjutnya untuk kelas Danau Picung sebesar Rp 200 ribu terkhusus untuk burung Love Bird, murai batu dan kacer dengan hadiah utama sebesar Rp 2,5 juta. Selanjutnya kelas Sungai Ketahun dengan pendaftaran sebesar Rp 200 ribu (loss gantangan) juga untuk Love Bird, Murai Batu dan Kacer dengan hadia utama sebesar p 1,5 juta. Kemudian keas Air Putih dengan pendaftaran Rp 100 ribu (loss gantangan) diperuntukan untuk burung Love Bird. Love Bird Balibu, Murai Batu, kacer dan Kenari dengan memperebutkan hadia utama sebesar Rp 1 juta.

Terakhir kelas Bukit Pabes dengan pendaftaran Rp 50 ribu juga Loss Gantangan dengan perlombaan kelas Lovebird khusus menggunakan Ring KLI, Lovebird ring bebas, Lovebird Balibu, Kenari, Kolibri A-B, Pleci A-B dan Kapas Tembak A-B dengan hadia utama sebesar Rp 500 ribu. Sementara untuk kelas Beauty Contes khusus untuk burung Lovebird akan menggelar 5kelas perlombaan yaitu kelas Ring KLI, kelas Fischeri, kela Personatus, kelas Exhibition dan kelas Junior dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 50 ribu rupiah.

Sementara itu, untuk memeriahkan event ini telah disediakan doorprice utama 1 unit motor Honda Beat yang diraih oleh bapak Junaidi dari RM BC Bengkulu, serta hadia menarik lainnya seperti barang-barang elektronik, hingga perlengkapan bagi para kicau mania berupa pakan dan minumanan burung.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: