Dispar Ajak Pemandu Majukan Wisata RL

Dispar Ajak Pemandu Majukan Wisata RL

CURUP, bengkuluekspress.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong mengajak para pemandu wisata untuk ambil bagian dalam memajukan pariwisata di Kabupaten Rejang Lebong. Salah satunya yaitu dengan menyediakan paket-paket wisata bagi wisatawan yang berkunjung ke Rejang Lebong.

\"Kita berharap para pemandu wisata nantinya bisa menyiapkan paket-paket wisata, sehingga para pengunjung akan lebih mudah dan terarah saat berwisata ke Rejang Lebong,\" sampai Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Dra Upik Zumratul Aini MSi saat membuka pelatihan pemandu wisata yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Rejang Lebong Selasa (17/12) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Upik juga berharap agar para pemandu wisata di Kabupaten Rejang Lebong benar-banr memiliki pengetahuan seputar kepariwisataan di Kabupaten Rejang Lebong, mulai dari wisata alam, budaya hingga sejarah, sehingga dengan semakin tingganya pengetahuan para pemandu maka akan semakin puas wisatawan saat berkunjung.

Di sisi lain, Upik juga mengungkapkan bahwa, selama ini profesi pemandu wisata di Kabupaten Rejang Lebong belum banyak diminati karena profesi tersebut dinilai belum menjanjikan. Padahal menurut Upik, profesi pemandu wisata sangat menjanjikan baik dari segi ekonomi maupun kesejahteraan. \"Kita akui selama ini profesi pemandu wisata belum terlalu diminati karena dianggap belum menjanjikan, padahal profesi pemandu wisata ini sangat menjanjikan asal dibekali dengan pengetahuan yang mumpuni,\" sampai Upik.

Sementara itu, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Budi Mario Kurniawan SSTP MSi, mengungkapkan guna menghadirkan sumber daya manusia yang handal untuk menunjang pariwisata di Kabupaten Rejang Lebong. Selama tahun 2019 ini Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong sudah menggelar empat kali pelatihan yang diikuti oleh berbagai kalangan. \"Selama tahun 2019 ini, kita telah melaksanakan empat kali pelatihan pemandu wisata dengan tema yang berbeda-beda,\" sampai Mario.

Jenis pelatihan yang telah mereka lakukan tersebut mulai dari pelatihan pengelolaan destinasi wisata, kemudian pemandu homestay, kemudian pemandu wisata alam dan terakhir yang akan dilaksanakan hingga Kamis (19/12) besok adalah pelatihan terkait dengan pemandu wisata khususnya belanja dan kuliner.

Mario berharap dengan adanya pelatihan yang mereka lakukan tersebut, pihaknya ingin menyiapkan SDM pariwisata yang baik di Rejang Lebong, juga untuk mengimbangi pembangunan sarana dan prasarana pariwisata yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

Sementara itu, untuk peserta pelatihan pemandu wisata yang mereka lakukan, menurut Mario berasal dari berbagai kalngan, mulai dari komunitas pemandu wisata Rejang Lebong, pelaku usaha wisata hingga penggiat media yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: