Pemprov Siapkan 4.700 Bibit Cabai

Pemprov Siapkan 4.700 Bibit Cabai

Untuk Seluma, Benteng dan BU

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu menyiapkan sebanyak 4.700 polibag bibit cabai. Ribuan bibit cabai tersebut nantinya akan diserahkan kepada Kelompok Wanita Tani di 3 kabupaten di Provinsi Bengkulu yaitu Seluma, Bengkulu Tengah, dan Bengkulu Utara.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Ir Yenita Saiful MSi mengatakan telah menanam sebanyak 4.700 bibit cabai di halaman Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu. Bibit cabai tersebut ditanam dengan harapan dapat menjamin ketersediaan cabai di Bengkulu.

\"Beberapa waktu yang lalu harga cabai di Bengkulu kan sempat mahal, makanya kita adakan bibit cabai lewat program gerakan tanam cabai,\" kata Yenita, kemarin (15/12).

Ia berharap dengan adanya program gerakan tanam cabai ini, tiga bulan ke depan Provinsi Bengkulu akan mampu memenuhi pasokan cabai secara mandiri. Sehingga persediaannya banyak dan harganya tetap stabil. \"Dalam tiga bulan kedepan kita akan panen cabai, itu bisa memenuhi pasokan cabai di Bengkulu terutama memenuhi kebutuhan cabai keluarga,\" harap Yenita.

Ia mengaku, bibit cabai tersebut nantinya akan diberikan kepada 10 kelompok wanita tani. Setiap kelompok memiliki 30-40 anggota dan masing-masing anggota akan mendapatkan 10 polibag bibit cabai. \"Kelompok yang mendapatkan bibit cabai ini adalah kelompok wanita tani yang sudah mendapatkan sosialisasi pemanfaatan pekarangan KRPL. Selain itu, mereka juga aktif menanam sayuran di pekarangan rumahnya,\" tutur Yenita.

Di sisi lain, Kelompok Wanita Tani Asal Bengkulu Tengah, Rini mengaku sangat senang dengan adanya program gerakan tanam cabai yang digagas oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu. Ia berharap program ini bisa memenuhi persediaan cabai sehari-hari. \"Semoga ini bisa memenuhi persediaan cabai sehari-hari,\" ujar Rini.

Selain itu, ia bersama kelompok wanita tani lainnya juga berharap bisa diberi bantuan tanaman sayuran lainnya. Dengan begitu nantinya akan banyak ibu rumah tangga di Bengkulu bisa ikut memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam bibit sayuran. \"Kami berharap tidak hanya cabai, tetapi juga sayuran lainnya, sehingga ini bisa menular kepada masyarakat lainnya,\" tutupnya.(999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: