Dinsos RL Gelar Sosialisasi Kepemudaan

Dinsos RL Gelar Sosialisasi Kepemudaan

  Berdayakan Karang Taruna

CURUP, bengkuluekspress.com - Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong Kamis (12/12) menggelar sosialisasi kepemudaan di aula BLKM Curup. Dalam kegiatan tersebut Dinsos Rejang Lebong mengundang para pengurus karang taruna yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Effendi SE MM mengungkapkan para pengurus karang tarunan menjadi peserta kegiatan tersebut. Karena menurut Zulfan pihaknya ingin memberdayakan karang taruna yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

\"Dalam beberapa tahun terakhir peran karang taruna di Kabupaten Rejang Lebong ditengah-tengah masyarakat belum maksimal. Oleh karena itu, dengan kegiatan ini kita berharap menjadi lebih maksimal lagi,\" harap Zulfan saat membuka kegiatan kemarin.

Menurut Zulfan, karang taruna sebagai generasi muda yang ada di Kabupaten Rejang Lebong memiliki peranan yang sangat penting bila mereka ambil bagian dalam proses pembangunan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong terutama di desa dan kelurahan tempat mereka tinggal. \"Selama inikan hanya ada namanya saja, namun peranan mereka tidak jelas di desa atau kelurahan itu apa. Makanya setelah kita bentuk tahun ini kepengurusannya di kabupaten, harapan kita nanti mereka bisa ikut berkontribusi secara nyata,\" harap Zulfan.

Karang Taruna menurut Zulfan adalah organisasi yang memiliki cakupan yang luas, berbeda dengan organisais kepemudaan lain yang ada di desa dan kelurahan. Ia mencontohkan seperti Remaja Islam Masjid (Risma), menurut Zulfan, bila Risma hanya fokus pada kegiatan keagamaan saja, namun untuk Karang Taruna lebih dari itu atau segala bidang bisa dilakukan mulai dari agama, olahraga, sosial budaya dan masih banyak lagi. \"Melihat pentingnya peran Karang Taruna tersebut, maka kita ingin berdayakan dengan lebih maksimal lagi termasuk dalam pengelolaan dana desa, karang taruna nanti bisa berperan dalam memajukan BUMDes,\" sampainya.

Sementara itu, dengan adanya kegiatan yang menghadirkan pemateri mulai dari Ketua Karang Taruna Kabupaten, dari Dinas Sosial dan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan berharap kegiatan tersebut bisa menjadi solusi dari permasalahan tak aktifnya Karang Tarunan di Kabupaten Rejang Lebong selama ini. \"Dengan kegiatan ini saya harap nanti akan diketahui permasalahan yang selama ini terjadi kemudian kita cari solusi bersama-sama untuk majunya Karang Tarunan di Kabupaten Rejang Lebong,\" demikian Zulfan.(251/krn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: