Penyambungan Kopi Tuntas

Penyambungan Kopi Tuntas

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – Proses penyetekan atau sambung kopi 2019 tuntas di minggu depan, Dinas Pertanian selaku OPD pemilik kegiatan akan memeriksa pekerjaan. Jika ada tanaman yang mati atau tidak tumbuh maka pihak pelaksana diminta melakukan penyetekan ulang, supaya seluruh program kopi sambung benar-benar terlaksana seratus persen.

Kepala Dinas Pertanian Kepahiang, Hernawan SP melalui Kabid Perkebunan, Deva Yurita Ambarini SP mengatakan, ada puluhan kelompok tani tersebar di delapan kecamatan menerima manfaat program kopi sambung 2019.

\"Seperti di Bermani Ilir dan Muara Kemumu tuntas keseluruhan,\" ujar Deva.

Menurutnya, bibit unggul program kopi sambung bahkan diakhir tahun ini sebanyak 360 ribu bantuan batang bibit kopi sambung sudah mulai direalisasikan di delapan kecamatan dan ditargetkan selesai akhir tahun ini. \"Program kopi sambung ini sudah berjalan sejak awal Oktober lalu, karena penyambungannya tidak serentak maka ada yang selesai di bulan ini dan ada di bulan Desember,” jelas Deva.

Lanjutnya, program kopi sambung maupun penyiapan bibit unggul merupakan salah satu trobosan dalam meningkatkan produksi kopi para petani dengan memanfaatkan lahan yang ada mengingat saat ini kualitas kopi Kepahiang khususnya jenis robusta. “Saat ini kualitas kopi robusta Kepahiang tidak hanya diakui secara nasional, melainkan sudah internasional bahkan belum lama ini Presiden APVA dari Prancis datang ke Kepahiang untuk melihat langsung pengolahan kopi di Kepahiang,” tutup Deva. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: