Kesetrum, 1 Tewas 1 Kritis

Kesetrum, 1 Tewas 1 Kritis

\"POTOKOTA BINTUHAN, BE - Warga Pasar Sawoh,  Kaur Selatan, Kaur, kemarin dikejutkan 2 pekerja bangunan yakni Sumanto (49) warga Desa Bukit Indah Kecamatan Nasal dan Adi (17) warga Desa Pasar Baru kecamatan Kaur Selatan yang kesetrum listrik saat bekerja. Dua pekerja bangunan itu tengah mengangkat besi, namun tidak diketahui ternyata ujung besi tersebut menyentuh dua kabel listrik yang telanjang di atas tiang listrik. Akibatnya satu pekerja yakni Adi (17) tewas sedangkan rekannya Sumanto (49) pingsan.

Data terhimpun, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB (14/2) kemarin. Diketahui keduanya tengah mengerjakan bangunan rumah dua lantai milik Zainul (45) di Desa Pasar Sawoh. Ketika itu Adi tengah mengangkat besi 12 dengan panjang ukuran sekitar 8 meter, mengingat besi itu untuk membuat lantai atas.

Karena besi yang dibawa jumlahnya banyak maka diperlukan dua orang untuk mengangkatnya.  Akhirnya Sumanto membantu untuk membawanya ke lantai II. Namun pada saat itu besi tersebut ditegakan, ternyata satu besi terkait di kabel listrik PLN yang melintang, akhirnya kedua korban langsung terperanjat dan tersengat.

Korban Adi saat terrsengat langsung jatuh dari bangunan lantai II setinggi 6 meter dan langsung meninggal di tempat. Sedangkan korban Sumanto pingsan setelah lemas akibat sengatan tersebut.

Pekerja lainnya yang mengetahui peristiwa itu langsung menyingkirkan besi yang menyetrum korban, sebagian lainnya menolong korban dengan langsung membawa ke Pukesmas Bintuhan. Namun saat diperiksa, korban Adi sudah tewas, sedangkan Sumanto masih hidup.

\"Diduga saat itu mereka mengangkat besi untuk dibawa ke lantai II, tanpa mereka sadari ujung besi itu menyentuh kabel listrik akhirnya kesetrum,\" ujar saksi mata Izal, kemarin, Kepala Pukesmas Bintuhan Eliza Rianti SKM membenarkan kejadian tersebut. Dijelaskannya, korban Sumato masih mendapat perawatan intensif. Sedangkan korban Adi yang sudah meninggal dibawa ke rumahnya.

Kapolres Kaur, AKBP Andi Kirnanda SH MH melalui Kasat Reskrim, AKP Lumban Raja mengatakan bahwa dari hasil penyelidikan, didugaan sementara korban tersengat listrik karena kecelakaan kerja.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: