BI Sosialisasi Program Beasiswa ke IAIN Curup

BI Sosialisasi Program Beasiswa ke IAIN Curup

REJANG LEBONG, Bengkulu Ekspress- Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bengkulu bersama dengan Generasi Baru Indonesia (GenBI) Bengkulu melaksanakan Sosialisasi Program Beasiswa Bank Indonesia ke Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas generasi muda Indonesia khususnya mahasiswa IAIN Curup.

Rektor IAIN Curup, Dr Rahmad Hidayat MAg MPd mengapresiasi, pelaksanaan program Beasiswa Bank Indonesia ini dengan baik. Menurutnya program beasiswa ini akan meningkatkan kualitas mahasiswa IAIN Curup dalam kegiatan akademisnya.

\"Program beasiswa Ini diibaratkan simbiosis mutualisme dimana IAIN Curup sangat beruntung mendapatkan amanah ini untuk dapat membantu mahasiswa meningkatkan penerapan ilmu ke depannya, sedangkan pihak BI akan mendapatkan amal jariyah yang terus menerus dari beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa,\" kata Rahmad, kemarin (8/8).

Ia mengaku, selama ini prestasi mahasiswa IAIN Curup sudah sangat membanggakan baik ditingkat regional maupun nasional. Hanya saja, secara ekokomi mahasiswa IAIN Curup hampir 80 persen berada di grade ekonomi menengah kebawah.

\"Tentu saja IAIN Curup menyambut secara terbuka dan diharapkan program ini bisa dilaksanakan dan akan berkelanjutan. Selain itu, adanya beasiswa membuat mahasiswa termotivasi dan mendapat fasilitas untuk meraih cita-citanya. Saya selama jadi mahasiswa tidak pernah dapat beasiswa karena keterbatasan komunikasi,\" tutup Rahmad.

Sementara itu, Kepala Tim Departemen Komunikasi BI, Nofiantoso menyatakan, program Beasiswa yang di guliran oleh BI sudah berlangsung lama. Bahkan program ini sudah berjalan di beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Bengkulu seperti Universitas Bengkulu dan IAIN Bengkulu.

\"Tentu saja program ini mendapat respon yang baik dari mahasiswa, hal ini dapat dilihat dengan peningkatan jumlah mahasiswa penerima setiap tahunnya. Hal ini berbanding sama dengan besaran nilai beasiswa yang terus meningkat dimana tahun ini perbulannya mahasiswa penerima mendapat Rp 1 juta perbulannya dan ini sangat membantu mahasiswa,\" kata Nofi.

Sedangkan jumlah mahasiswa penerima beasiswa berjumlah 50 orang penerima beasiswa per universitas. Tidak hanya beasiswa yang akan didapatkan oleh mahasiswa penerima, mereka juga akan bergabung secara langsung dalam GenBi dimana tiap tahunnya akan ada kegiatan berupa program pelatihan baik skala lokal dan nasional.

\"Tentu saja programnya meliputi leadership, serta berbagai program lainnya. Bisa ikut program belajar menulis atau lainnya. Tujuannya agar mahasiswa memiliki capacity building usai lulus kuliah,\" tuturnya.

Adapun beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa untuk dapat menerima beasiswa BI adalah harus menyelesaikan 3 semester atau telah menempuh 40 sks, memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (skala 4), calon penerima beasiswa harus aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat, umur tidak lebih dari 23 tahun, tidak sedang menerima beasiswa atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga atau Instansi lain, berasal dari leluarga pra sejahtera, memperoleh rekomendasi dari pimpinan (rektor/pembantu rektor) atau pejabat perguruan tinggi, Bersedia berperan aktif dalam komunitas GenBI dan berpartisipasi dalam kegiatan Bank Indonesia (menyertakan surat pernyataan bermaterai), menyertakan surat rekomendasi dari tokoh akademik ataupun non akademik, dan menyertakan sertifikat penghargaan.

\"Banyak sekali manfaat yang akan diterima mahasiswa jika dinyatakan sebagai penerima beasiswa BI ini selain mendapat bantuan pendidikan perbulan, mereka bisa bermanfaat bagi masyarakat,\" tutupnya.(999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: